Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terungkap 'Naga' Yang Abadikan Formasi Jet Tempur Pengawal Jokowi

  Penerbangan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) ke Surakarta, Jawa Tengah dikawal oleh delapan pesawat jet tempur. Momen saat jet ini membentuk formasi diabadikan oleh sang 'naga'.

Sebagaimana diketahui, Jokowi pulang ke Solo setelah purnatugas sebagai presiden pada 20 Oktober 2024. 

Dalam rangkaian acara penghormatan kepada Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma itu, sejumlah pesawat tempur TNI AU juga menampilkan flypast.

Pesawat-pesawat jet tempur dari beberapa skuadron TNI Angkatan Udara itu mengawal pesawat Boeing 737-800 Next Gen dengan nomor ekor A7309, yang mengangkut Jokowi beserta istrinya, Iriana Joko Widodo, pada Minggu (20/10) sore.

"Pengawalan kehormatan Presiden ke-7 RI Pak Joko Widodo kembali ke Solo dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dikawal tiga pesawat T50, empat pesawat tempur F16, dan satu Sukhoi," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Ardi Syahri saat dihubungi di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Empat pesawat tempur F16 yang mengawal penerbangan Jokowi dari Jakarta ke Surakarta itu berasal dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. 

Dari empat pesawat itu, satu jet tempur F16 juga mengabadikan peristiwa pesawat Boeing yang mengangkut Jokowi dikawal pesawat-pesawat tempur TNI AU.

Sementara itu, tiga jet tempur latih T50i Golden Eagle dikerahkan oleh TNI AU dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Jawa Timur. 

Kemudian, satu pesawat tempur Sukhoi yang mengawal Presiden ke-7 RI itu berasal dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin.

Bagaimana momen formasi pesawat jet tempur ini bisa terabadikan? Baca halaman selanjutnya.



Bentuk Formasi V Difoto Sang Naga

Semua terbang dalam 'V Formation' dalam perjalanan Jakarta-Solo itu. Foto pengawalan VVIP itu diambil dari sisi kanan-kiri hingga dari atas dari rangkaian pengawalan pesawat yang ditumpangi Jokowi itu. Deretan foto itu diunggah di akun X (Twitter) TNI AU, @_TNIAU.

Warganet penasaran cara foto momen pengawalan itu diambil. Warganet menduga-duga foto diambil dari pesawat atau drone hingga ada yang bercanda foto dijepret Superman.

Seperti citra yang dikenal admin Twitter TNI AU menanggapi balik dengan kelakar.

"Yg fotoin bukan Superman ya, tapi 'Naga'," cuit TNI AU seperti dilihat, Senin (21/10/2024).

"Dalam pengawalan tersebut, TNI AU mengerahkan empat pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14, tiga pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, serta satu pesawat Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11," jelas TNI AU.

Dalam gambar, dijelaskan 'Naga' yang dimaksud ialah pesawat F-16 Fighting Falcon yang diberi kode nama Dragon atau Naga. Sementara pesawat Sukhoi SU-30 MK2 diberi kode nama Bajra.

"Foto diambil dari TS-1602 (F-16 BM). Fotografer: Lettu Pnb Chandra Yudha Bakti (backseater

Dialog Jokowi dan Flight Leader

Dalam penerbangan ini, Flight Leader pesawat tempur TNI AU, Letkol Pnb Bambang Aulia "Sphinx" Yudhistira memberikan penghormatan khusus kepada Jokowi dari kokpit.

"Selamat sore yang terhormat Bapak Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo. Izinkan kami berbicara dari kokpit pesawat tempur yang mengawal pesawat Bapak dan Ibu dari sebelah kanan dan kiri. Kami adalah Flight pesawat tempur TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 3, Skadron Udara 11, Skadron Udara 14, dan juga Skadron Udara 15," kata Letkol Bambang Aulia.

Dia juga menyampaikan ucapan selamat dan doa kepada Jokowi yang memasuki masa purnatugas. 

Dalam kesempatan yang sama, dia juga meminta doa dari Jokowi untuk TNI AU dalam menjaga kedaulatan udara Indonesia.

"Dalam kesempatan ini, izinkan kami mengucapkan selamat atas purnatugas Bapak sebagai Presiden Republik Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas segala karya Bapak dan Ibu dalam memajukan Bangsa Indonesia, terutama dalam memperkuat kemampuan TNI Angkatan Udara. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk mengawal Bapak dan Ibu dalam penerbangan bersejarah ini," katanya.

"Teriring doa kami, semoga Bapak dan Ibu senantiasa diberikan kesehatan serta kebahagiaan di masa purna tugas. Kami juga memohon doa Bapak dan Ibu agar kami dapat melanjutkan perjuangan Bapak dan Ibu bagi Bangsa ini, dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui TNI Angkatan Udara. Selamat menikmati penerbangan bersejarah ini, salam hormat dari kami para crew TNI Angkatan Udara. Salam Swa Bhuana Paksa. Terima kasih," tambahnya.

Jokowi membalas penghormatan yang disampaikan para penerbang pesawat tempur. Dia berterima kasih dan menyemangati para anggota TNI AU dalam menjaga kedaulatan negara.

"Saya Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian saudara-saudara semuanya, saya yakin kedaulatan udara, kedaulatan negara kita akan selalu terjaga atas pengabdian dan perjuangan Saudara-saudara. Sekali lagi, terima kasih," ucap Jokowi.

Sumber Berita / Artikel Asli: detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved