Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Gibran Tancap Gas, Blusukan ke Proyek-Proyek Raksasa di Jakarta, Warganet: Yang Kerja Pemda, yang Caper Orang Solo Kerja Aja Belum Seminggu

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau proyek Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1. (Instagram/gibran_rakabuming)

Usai dilantik menjadi Wakil Presiden pada Minggu (20/10/2024), Gibran Rakabuming Raka langsung tancap gas. Gibran blusukan ke beberapa proyek strategis di Jakarta yang tengah dibangun. Selain itu, dia juga berkesempatan melihat langsung uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG). Berikut rinciannya:

Proyek MRT Jakarta Fase 2A Bundaran HI-Kota

Proyek pertama yang disambangi Gibran adalah MRT Jakarta Fase 2 dari Bundaran HI sampai Ancol. Proyek Gibran masuk perut bumi Jakarta dan mengunjungi area konstruksi CP 201 Fase 2A MRT Jakarta, yaitu Stasiun Monas dan Thamrin, Senin (21/10/2024).

Dalam kunjungan kerjanya, Gibran didampingi oleh Menteri Perhubungan RI Dudy Purwagandhi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. Kedatangan Gibran dan rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat dan Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina di area konstruksi Stasiun Monas.

Gibran tiba sekitar pukul 16.00 WIB dan langsung menuju Pusat Informasi MRT Jakarta yang berada di area Taman Monas. Di sini, ia mendengarkan penjelasan singkat dari Direktur Utama Tuhiyat tentang profil Stasiun Monas.

Selanjutnya, ia dan rombongan berjalan menuju area konstruksi dan melihat langsung suasana pekerjaan pembangunan dari titik sekitar 18 meter di bawah permukaan tanah. Tak lama, ia dan rombongan berjalan menyusuri terowongan menuju Stasiun Thamrin.

Gibran meminta Proyek MRT Fase 2 itu diselesaikan tepat waktu. Dia menyebut proyek itu sudah berjalan 82%.

"Proses pekerjaan sipil sudah mencapai 82%. Proyek ini harus kita usahakan selesai tepat waktu dan setelahnya harus kita hijaukan kembali," ujarnya.

Proyek MRT Fase 2A terbagi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp22,5 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Sedangkan, fase 2B MRT Jakarta, dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat kini masih dalam tahap studi kelayakan.

Cek Uji Coba Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 03 Menteng

Sehari setelahnya atau Selasa (22/10/2024) mantan Wali Kota Solo itu kemudian meninjau langsung program makan bergizi gratis di SDN 03 Menteng, Jakarta Pusat. Gibran didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi.

Dalam kesempatan itu, Gibran juga membagikan buku kepada para siswa. Gibran sebelumnya sempat dua kali ikut meninjau uji coba makan bergizi gratis di Jakarta. Tetapi hari ini merupakan hari pertama Gibran meninjau uji coba makan bergizi setelah dilantik menjadi Wakil Presiden RI.

"Bertemu siswa siswi SDN 03 Jakarta Pusat untuk persiapan program unggulan Bapak Presiden Prabowo Subianto, Makan Bergizi Gratis. Didampingi Bapak Pj. Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. Ada siswa memberi saya surat. Mau tahu isinya?" ungkap Gibran.

Program unggulan pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, yakni Makan Bergizi Gratis (MBG), dipastikan akan diberikan sebanyak dua kali dalam sehari, yakni pada pagi hari dan siang hari. Program Makan Bergizi Gratis akan bergulir mulai 2 Februari 2025 di Indonesia dengan anggaran mencapai Rp 71 triliun.

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meninjau proyek Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1. (Instagram/gibran_rakabuming)

Proyek LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai

Setelah itu, Gibran kembali blusukan. Kali ini ke proyek LRT Jakarta dari Velodrome hingga Manggarai sepanjang 6,4 Km.

Saat melakukan blusukan ke proyek LRT Jakarta, Selasa (22/10/2024) Gibran ditemani Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi dan Walikota Jakarta Timur Muhammaf Anwar. Menurut Gibran, pembangunan LRT merupakan salah satu hal penting demi meningkatkan transportasi umum dan mengurangi polusi. Untuk itu, ia mendorong proyek segera selesai.

Proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dari Velodrome menuju Manggarai dengan nilai Rp5,5 triliun terus menunjukkan progres signifikan. Hingga pekan ketiga September 2024, progres konstruksi proyek itu berhasil mencapai 29,17%.

Cibubur Youth Elite Sport Center

Lanjut setelah itu, Gibran meninjau progres pembangunan Cibubur Youth Elite Sport Center (CYESC) di Jakarta Timur, Selasa (22/10/2024). Gibran ditemani Menpora Dito Ariotedjo dan Wamenpora Taufik Hidayat serta Pj Gubernur Jakarta, Teguh Setyabudi.

Dalam keterangan Biro Setwapres, disebutkan bahwa Gibran memberikan perhatian penuh terhadap pengerjaan pembangunan ini. Dalam kesempatan yang sama, pihak PUPR memastikan pengerjaan akan dikebut.

Pengerjaan Cibubur Sport Center ini baru mencapai 61%. Rencananya, Presiden Prabowo akan meresmikan Cibubur Sport Center pada akhir tahun ini.

"Sehingga walaupun saat ini realisasi proyek CYESC baru mencapai 61%, Menpora dan Wamen PUPR memastikan bahwa pengerjaan akan dikebut dan siap diresmikan Presiden Prabowo Desember tahun ini," tulis keterangan Biro Setwapres.

Cibubur Youth Elite Sport Center dengan nilai proyek sebesar Rp 249 Miliar ini meliputi pembangunan dan renovasi berbagai fasilitas olahraga. Adapun yang diproyeksikan menjadi pusat pelatihan sejumlah cabang olahraga seperti panahan, panjat tebing, renang, dan senam dalam rangka meningkatkan prestasi atlet Indonesia.

Cek Uji Coba Makan Bergizi Gratis (MBG) di SMP Negeri 270 Jakarta

Keesokan harinya, Rabu (23/10/2024) Gibran meninjau uji coba Makan Bergizi Gratis. Kali ini dia berkunjung ke SMP Negeri 270 Jakarta. Menu yang dibagikan adalah ayam goreng, tempe orek, tumis kacang panjang, nasi putih dan buah.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Prabowo, Memastikan makanan bergizi sejak usia sekolah adalah program krusial dan penting bagi kebangkitan bangsa. Konsentrasi belajar dan kesehatan anak anak akan meningkat," tulis Gibran.

Proyek JSDP Pluit

Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka meninjau proyek Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1 di Pluit Timur Raya, Penjaringan, Jakarta Utara. Gibran meminta proyek ini rampung pada 2026.

Dikutip dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Gibran meninjau proyek JSDP Zona 1 Kamis pagi (24/10/2024). Gibran didampingi Menteri Pekerjaan Umum Doddy Hanggodo dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Diana Kusumastuti.

Dalam keterangan itu, disebutkan Gibran ingin memastikan pengolahan limbah sanitasi berjalan baik. Disebutkan, katanya, permukiman padat penduduk, area bisnis, dan industri memberikan dampak langsung terhadap kondisi air, sanitasi, dan produksi limbah di DKI Jakarta.

Proyek ini direncanakan rampung pada 2026. Gibran meminta penyelesaian proyek ini tepat waktu agar bisa segera melayani 3 wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara, yang terdiri dari 8 kecamatan.JSDP Pluit memiliki nilai ekuivalen sebesar Rp 3,3 triliun selama 78 bulan masa pekerjaan atau selesai sekitar tahun 2028.

"JSDP akan melayani kebutuhan sanitasi yang baik untuk Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang terdiri dari 8 kecamatan," tulis Gibran seperti dikutip dari CNBC Indonesia

Aksi Gibran tersebut masih menjadi perhatian Warganet.

Banyak warganet yang menilai tindakan Gibran tersebut hanyalah pencitraan saja.

"Yang kerja pemda, yang caper malah orang Solo yang kerja di jakarta aja belum seminggu,

lucu" tulis akun @budibukanintel

"Pencitraan terus dong biar keren xixixi" tulis @kalillap

"Istana negara di jkt soale, coba di IKN, ngeliatin tambang" tulis @twtbyrindu

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved