Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Geisz Ragu Pemilih Anies Cenderung ke RK: Mungkin yang Disurvei Kader PKS

Relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C)

Lembaga survei Poltracking merilis survei peta sebaran masing-masing calon Pilkada Jakarta 2024 yang menunjukkan pemilih Anies Baswedan di Pilpres cenderung ke Ridwan Kamil (RK). Loyalis Anies Baswedan, Geisz Chalifah, meragukan hasil survei tersebut.

"Pendukung Anies yang paham proses pencalonan RK, sudah pasti tidak mendukung RK," kata Geisz saat dihubungi, Kamis (24/10/2024).

Geisz mengatakan pilihan utama bagi pemilih Anies yakni gerakan coblos semua. Dia menilai mungkin pemilih Anies yang bergeser mendukung RK adalah kader PKS.

"Pilihan utamanya adalah pilih semua (gercos atau gerakan coblos semua) atau kepada calon lainnya selain RK. Jadi kalau dikatakan bahwa pendukung Anies banyak memilih ke RK, mungkin yang dimaksud atau yang disurvei itu adalah kadernya PKS," ujarnya.

Geisz pun meragukan pemilih Anies akan mendukung RK. Dia menyinggung proses pencalonan Ridwan Kamil.

"Karena sudah terang benderang pencalonan RK-Suswono pada tanggal 19 Agustus dengan memborong 12 partai hingga pada saat itu tak ada calon dari partai lain bisa maju (sebelum putusan MK) adalah sebuah kejahatan demokrasi," ujarnya.

Hasil Survei Poltracking

Survei Poltracking Indonesia turut menampilkan peta sebaran masing-masing pasangan calon Pilkada Jakarta 2024. Survei Poltracking mengatakan pemilih Anies Baswedan di Pilpres cenderung ke Ridwan Kamil (RK). Namun, pemilih PKS terbelah ke kubu RK dan Pramono Anung.

Hasil survei dipaparkan oleh Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, Kamis (24/10) melalui saluran YouTube Poltracking.

Survei dilakukan 10 hingga 16 Oktober 2024. Populasi survei merupakan warga Jakarta berusia 17 tahun ke atas/sudah menikah dengan jumlah responden 2.000 responden.

Metode survei multistage random sampling dengan margin of error +/- 2,2% pada tingkat kepercayaan 95%. Sistem pengambilan survei melakukan wawancara tatap muka.

Hanta membeberkan pendalaman basis Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdasarkan pilihan Pilpres 2024. Hasilnya, RK-Suswono tak hanya unggul dipilih oleh basis pendukung Prabowo-Gibran, tetapi juga unggul di pemilih Anies-Cak Imin. Rinciannya sebagai berikut:

-Pemilih Anies Baswedan dan Cak Imin

Sebaran kluster: 32%

RK-Suswono: 48%

Dharma-Kun: 5,7%

Pramono-Rano: 37,8%

TT/TJ: 8,5%

  • Pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Sebaran kluster: 49,8%

RK-Suswono: 61,6%

Dharma-Kun: 2,7%

Pramono-Rano: 30,8%

TT/TJ: 4,9%

  • Pemilih Ganjar Pranowo dan Mahfud Md

Sebaran kluster: 12,1%

RK-Suswono: 20,1%

Dharma-Kun: 6,7%

Pramono-Rano: 68,5%

TT/TJ: 4,7%

  • TT/TJ

Sebaran kluster: 6,1%

RK-Suswono: 52,4%

Dharma-Kun: -

Pramono-Rano: 11,4%

TT/TJ: 36,2%

"Pemilih Anies segmentasinya lari ke Ridwan Kamil 48%, ke Pramono 37,8%. Kalau tadi yang puas dengan kinerja Anies banyak yang pilih RK, ini sama, pemilih Anies di Pilpres cenderung ke RK daripada Pramono-Rano," imbuhnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved