Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Aji Mumpung! Berharap Kebagian Proyek, Pabrik Pengolahan Udang Adik Gibran Ikut Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis

Harapannya, PMMP ikut dilibatkan dalam program MBG yang digagas presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto. Jika hal itu terjadi, ada tambahan pendapatan untuk PMMP.

“Program ini (MBG) tentunya akan memberikan dampak positif, tidak hanya bagi korporasi. Namun untuk industri makanan secara keseluruhan,” kata Direktur Utama PMMP, Martinus Soesilo, dikutip Jumat, (18/10/2024).

Martinus mengakui, PMMP telah berpartisipasi dalam uji coba program MBG pada awal bulan ini. Uji cobanya menyasar 300 pesantren di wilayah Situbondo, Jawa Timur, dilakukan 2 hari per minggu. “Kami mengajukan diri untuk menjadi partisipan dalam program MBG,” kata Martinus.

Martinus meyakini, program makan bergizi gratis, mampu mengerek tingkat konsumsi protein hewani khususnya udang di Indonesia.

“Walaupun konsumsi udang per kapita di Indonesia, masih tergolong rendah dibandingkan unggas, Perseroan yakin, program ini mampu meningkatkan konsumsi udang per kapita Indonesia. Yang merupakan salah satu sumber protein yang baik,” tutup Martinus.

Berdaarkan laporan keuangan kuartal II-2024, PMMP mencatatkan kerugian sebesar Rp210 miliar. Kerugian ini dipantik anjloknya penjualan udang. Di perusahaan ini, Kaesang mengempit 8 persen saham PMMP melalui PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat, pada 8 November 2021.

Kala itu, Kaesang memborong 188,24 juta saham yang dibanderol Rp490 per lembar. Total dana yang dikeluarkan sekitar Rp92,2 miliar.

Sedangkan GK Hebat yang berdiri akhir tahun 2019 itu, merupakan kongsi dari 3 perusahaan, yakni PT Siap Selalu Mas milik Kaesang dan Gibran, PT Wadah Masa Depan terafiliasi Keluarga Gandhi Sulistiyanto (Sinar Mas), dan PT Gema Wahana Jaya milik Keluarga TP Rachmat, salah satu orang terkaya di Indonesia seperti dikutip dari inilah

PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), emiten pengolahan makanan beku berbasis udang yang terafiliasi dengan Kaesang Pangarep tengah aktif dalam upaya untuk berpartisipasi dalam program makan bergizi gratis yang digagas oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Sejak awal Oktober, PMMP telah mengikuti uji coba program tersebut sebagai langkah awal untuk dapat berkontribusi dalam penyediaan nutrisi bagi masyarakat.

Diketahui PMMP saja baru mencatatkan kerugian yang cukup besar pada kuartal II 2024 hingga Rp210 miliar, anjloknya penjualan udang menjadi biang keroknya.

Direktur Utama Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Martinus Soesilo mengatakan, perseroan telah melakukan uji coba program ini dengan tujuan agar dapat ikut serta dalam program tersebut.

"Program ini akan memberikan dampak yang cukup positif, bukan hanya bagi Perseroan, namun juga terhadap industri makanan secara keseluruhan," kata Martinus dalam keterangannya dikutip Kamis (17/10/2024).

Martinus mengungkapkan sejak awal bulan Oktober ini PMMP telah melakukan uji coba produk kepada lebih dari 300 pesantren di sekitaran Situbondo, Jawa Timur. Uji coba ini dilakukan 2 hari per Minggu.

"Harapannya, melalui hal ini kami dapat mengajukan untuk menjadi partisipan dalam Program Makan Siang Gratis,” ujarnya.

Martinus menambahkan, program tersebut diharapkan mampu konsumsi protein hewani di Indonesia.

“Walaupun konsumsi udang per kapita Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan unggas, Perseroan yakin program ini mampu meningkatkan konsumsi udang per kapita Indonesia, yang merupakan salah satu sumber protein yang baik,” tutup Martinus.

Asal tahu saja Kaesang memiliki saham PMMP melalui PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat sebanyak 8% saham.

Kaesang mulai masuk ke investasi di PMMP sejak November 2021 lalu.

Emiten Ini Berpotensi Tersengat Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Presiden terpilih Prabowo Subianto memiliki program makan siang gratis atau makan bergizi gratis. Dengan program itu diharapkan bisa mendorong kualitas gizi anak sekolah, memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta menggerakan ekonomi nasional.

Program tersebut, menurut hasil hitungan tim Prabowo, bisa menciptakan 1,8 juta lapangan pekerjaan. Ini berdasarkan adanya 377 ribu dapur yang digunakan untuk menyiapkan makan siang gratis di sekolah dan tiap dapur akan diisi oleh lima pekerja. 

Namun program ini juga akan berdampak pada industri lainnya. Salah satunya adalah penggunaan barang dan jasa dari sektor pertanian dan perkebunan, consumer goods (untuk makanan olahan seperti bumbu dapur dan pendukungnya), sektor susu olahan, non-cyclical (beras), logistik (pengiriman bahan baku makanan).

Ini akan menguntungkan sektor tersebut. Pada akhirnya mendongkrak kinerja masing-masing perusahaan dengan kenaikan sahamnya.

Ada sejumlah perusahaan dari berbagai sektor tersebut, berikut daftarnya:

Sektor Pertanian dan Perkebunan

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)

PT Andira Agro Tbk (ANDI)

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT)

PT BISI International Tbk (BISI)

PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk (BTEK)

PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT)

PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA)

PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG)

PT FAP Agri Tbk (FAPA)

PT Wahana Pronatural Tbk (WAPO)

PT Golden Plantation Tbk (GOLL)

PT Gozco Plantations Tbk (GZCO)

PT Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA)

PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP)

PT Multi Agro Gemilang Plantation Tbk (MAGP)

PT Mahkota Group Tbk (MGRO)

PT Provident Agro Tbk (PALM)

PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN)

PT Palma Serasih Tbk (PSGO)

PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO)

Sektor Consumer Goods - Makanan Olahan

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)

PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF)

PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD)

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD)

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI)

PT Mayora Indah Tbk (MYOR)

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI)

PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA)

PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP)

PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA)

Sektor Consumer Goods - Olahan Susu

PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU)

PT Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ)

PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND)

Sektor Non-Cyclical - Makanan Ritel dan Distribusi

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI)

PT Wahana Inti Makmur Tbk (NASI)

Sektor Pengiriman Barang

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

PT Satria Antaran Prima Tbk (SAPX)

PT Trimuda Nuansa Citra Tbk (TNCA)

PT Krida Jaringan Nusantara Tbk (KJEN)

PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX)

***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved