Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Roy Suryo Yakin 99,9 Persen Pemilik Akun Fufufafa adalah Gibran Rakabuming Raka

 

Pakar Telematika Roy Suryo yakin pemilik akun Fufufafa adalah Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diketahui polemik akun Fufufafa pada platform Kaskus kini menjadi salah satu tantangan politik di tengah perpindahan kekuasaan Jokowi-Ma’ruf Amin kepada Prabowo Subianto-Gibran yang tinggal menghitung hari.

Unggahan lama akun Fufufafa pun menggaung di media sosial, isinya termasuk soal pernyataan negatif terhadap Prabowo, bahkan keluarganya.

Muncul narasi dari warganet yang mencurigai akun tersebut dikelola Gibran.

Adanya hal tersebut, Roy berkeyakinan 99,9 persen, Gibran merupakan pemilik akun Fufufafa.

"Saya bicara teknis saja bahwa 99,9 persen memang akun Fufufafa itu load and clear adalah akun milik mantan Wali Kota Solo ataupun Wakil Presiden Terpilih kita, Gibran," ujarnya dalam acara Talkshow Overview Tribunnews, Rabu (18/9/2024).

Dirinya menggunakan dua pendekatan untuk pernyataan tersebut, yakni dengan pendekatan socio technical dan pendekatan pure technical.

Pada pendekatan pertama yakni socio technical, dirinya mengamati pada cara menulis di akun Fufufafa, yang beberapa kata ditulis dengan gaya sama yang juga digunakan di akun media sosial Chili Pari.

Diketahui Chili Pari merupakan usaha milik Gibran.

"Cara menulis seseorang itu tidak pernah berubah, ketika dia menuliskan kata 'yang' itu dengan cara 'yg', clear betul ketika akun dia yang lain yakni Chili Pari, dia menggunakan gaya bahasa yang sama," lanjut Roy.

Roy juga mengatakan keberkaitan Fufufafa dengan akun-akun disebut-sebut milik Gibran serta Kaesang Pangarep.

Diketahui dalam gambar tangkapan layar yang diunggah menunjukkan akun Fufufafa menulis ID Raka Gnarly dengan username Twitter @rkgbrn.

Unggahan tersebut ditulis akun Fufufafa pada 26 Juli 2013.

Tak hanya itu, cuitan Kaesang pada 2011 juga disebut menjadi bukti keterkaitan akun Kaskus Fufufafa dengan Gibran.

Akun X @JhonSitorus_18 mengunggah tangkapan layar alias screenshot yang diduga cuitan Kaesang Pangarep pada 2011.

"Selamat ulang tahun ibu dan mas @rkgbrn," cuit @kaesangp pada 1 Oktober 2011.

Roy juga menjelaskan secara pendekatan pure technical, di mana akun Anonymous mencoba untuk melakukan checking terhadap nomor handphone yang digunakan Fufufafa, yakni 0899 belakangnya 33.

"Nomor tersebut ternyata ketika digunakan untuk recovery emergency kemudian dimasukkan email yang digunakan yakni email Chili Pari langsung masuk ke Fufufafa," ujar Roy Suryo.

"Itu artinya clear betul tidak bisa terbantahkan lagi," lanjutnya.

Roy mengaku tidak memiliki niatan apapun memberikan pernyataan soal Fufufafa, namun dirinya berharap kejujuran segera diungkap.

"Kalau iya katakanlah iya kalau tidak katakanlah tidak," katanya lagi seperti dikutip dari tribunnews

Yakin 99,9 Persen Akun Fufufafa Milik Gibran, Roy Suryo: Cara Buktikannya Mudah Banget!

Pakar Telematika Roy Suryo meyakini kalau pemilik akun Kaskus Fufufafa memang milik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Tanpa segan, Roy Suryo bahkan mengatakan keyakinannya mencapai 99,9 persen. 

"Kita sebagai manusia sebenarnya boleh yakin kan, tapi Allah memberikan kita jangan terlalu sempurna, gitu. Karena kalau kesempurnaan kan milik Allah. Ya sudahlah (yakin) 99,9 persen lah. Kalau disurvei itu kan dan margin of error gitu. Nah itu 0,1 persennya margin error," kata Roy Suryo dikutip dari tayangan dikanal YouTube mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto, Jumat (13/9/2024). 

Mantan Menteri Olahraga dan Pemuda (Menpora) itu bahkan menjelaskan cara membuktikan jejak digital seperti postingan-postingan akun Fufufafa tersebur.

Menurutnya, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama secara keilmuan atau scientific dengan menelusuri bukti-bukti jejak digital.

"Ini memang hanya bisa dilakukan oleh petugas yang diperbolehkan oleh hukum kita untuk mengambil evidence itu dari server," jelasnya. 

Cara seperti itu, menurut Roy Suryo, sangat mudah dilakukan oleh aparat penegak hukum, termasuk kepolisian. 

Bahkan dalam pembuktian akun Fufufafa bisa jadi lebih mudah, sebab server Kaskus yang digunakan berada di Indonesia. 

Roy Suryo mengungkapkan, sejarah Kaskus memang mulanya didirikan di Amerika Serikat. 

Namun, sebelum 2010, server Kaskus dipindahkan ke Indonesia. Sementara itu, berbagai postingan akun Fufufafa yang viral rata-rata tertulis tahun 2014. 

"Sehingga saya berani pastikan 100 persen bahwa semua itu ada di server Kaskus yang ada di Indonesia, dengan demikian mudah banget sebenarnya untuk melihat itu," ujarnya.

Cara deteksi kedua, lanjutnya, dengan pendekatan secara algoritma atau secara psikologis. 

Roy Suryo menjelaskan bahwa setiap pemilik akun media sosial biasanya selalu memiliki kebiasaan tertentu yang cenderung sulit berubah. Termasuk dalam kebiasaan interaksi yang dilakukan di dunia maya tersebut.

"Jadi saya bedah akun Fufufafa itu dia melakukan hubungan dengan mana saja. Sehingga kita dapatkan polanya linkage-nya ke mana aja," jelas Roy Suryo.

Diketahui, akun Kaskus, Fufufafa belakangan ini masih menjadi sorotan publik. 

Hal itu setelah akun tersebut kepergok telah menyebarkan hinaan kepada sejumlah tokoh termasuk Presiden terpilih, Prabowo Subianto. 

Bahkan, nama Gibran turut terseret skandal Fufufafa karena dianggap sebagai pemiliknya. 

Lantaran menjadi sorotan publik, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi turut angkat bicara soal akun Fufufafa. Menurutnya, akun Kaskus itu bukan milik Gibran.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved