Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Risma Resmi Mundur, Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy jadi Plt Mensos

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (plt) Menteri Sosial (mensos).

Muhadjir menggantikan sementara posisi Tri Rismaharini alias Risma yang mengundurkan diri setelah maju calon gubernur (cagub) pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Penunjukan Muhadjir sebagai Plt Mensos tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 100/P Tahun 2024. Dalam Keppres itu, Muhadjir akan menjabat sebagai Plt Mensos hingga adanya Mensos definitif.

"Presiden menunjuk Bapak Muhajir Effendy, Menko PMK, sebagai pelaksana tugas, wewenang dan tanggung jawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (6/9).

Pengunduran diri Risma sebagai Mensos karena maju sebagai cagub di Pilkada Jatim 2024. Jokowi pun telah menyetujui pengunduran diri Risma tersebut.

"Pada hari ini, tanggal 6 September 2024 telah diterbitkan Keppres Nomor 100/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," ucap Ari.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri Tri Rismaharini dari jabatan Menteri Sosial (Mensos). Adapun, alasan politikus PDI Perjuangan itu mundur lantaran maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Timur 2024.

"(Bu Risma) Sudah, sudah mengajukan pengunduran diri dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya," kata Jokowi usai meninjau Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9).

Kepala negara belum memutuskan siapa sosok pengganti Risma. "Tetapi penggantinya nanti sebentar lagi," pungkas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, PDI Perjuangan resmi mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans sebagai pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Jawa Timur 2024. Risma-Gus Hans telah mendaftar ke KPU, Jatim, pada Kamis (29/8) seperti dikutip dari jawapos

Sebelumnya, saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Risma juga sudah pamit. Ia mengaku ingin fokus pada kontestasi Pilgub Jatim.

"Terima kasih Bapak-Ibu sekalian, kalau saya mohon izin dan mohon pamit dan mohon maaf kalau ada kesalahan saya selama saya menjadi Menteri Sosial, dan mohon doa restu meskipun bingung ha-ha.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved