Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Profil Iqbal Ramadhan, Tak Gunakan Nama Besar Orangtua Meski Dipukuli Aparat

 Siapa Muhammad Iqbal Ramadhan, Korban Polisi Brutal Saat Demo Tolak RUU Pilkada?

Muhammad Iqbal Ramadhan putra dari penyanyi Machica Mochtar belakangan jadi viral karena ikut berdemo untuk mengawal putusan MK yang dianulir DPR RI lewat RUU Pilkada 2024.

Bukan cuma ikut serta, Iqbal Ramadhan rupanya sempat tidak pulang setelah demo karena diciduk polisi. Baru-baru ini, video Iqbal membicarakan tragedi 22 Agustus 2024 tersebut membuat namanya kembali jadi perbincangan.

Dalam video yang dibagikan akun X @MichelAdam7__, Iqbal Ramadhan membicarakan ayahnya yang seorang jenderal TNI dan pejabat tinggi di era Orde Baru. Namun Iqbal tidak menggunakan nama besar ayah maupun ibunya saat ditangkap usai demo.

Iqbal Ramadhan bahkan tetap menutup rapat-rapat identitasnya ketika polisi yang menangkapnya, melecehkan, memukul, dan menendang kepalanya. Iqbal tidak sedikit pun terpikir untuk memanfaatkan nama ortunya agar diberikan pengampunan.

Sebaliknya, Iqbal Ramadhan ingin mengetahui rasanya jadi masyarakat kecil yang ditangkap polisi karena menuntut haknya. Selama hidupnya pun, Iqbal tidak hidup dalam kemewahan atau kekuasaan.

Semua berkat Machica Mochtar yang mendidik Iqbal Ramadhan untuk bersikap adil dan penuh kasih. Machica justru berharap Iqbal dapat berguna bagi masyarakat dan berpihak kepada yang terpinggirkan.

Mendengar pernyataan Iqbal Ramadhan, Machica Mochtar tampak beruraian air mata. Iqbal ternyata berkarier di bidang hukum. Simak profil Iqbal Ramadhan putra Machica Mochtar berikut ini.

1. Biodata Iqbal Ramadhan

Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar
Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar

Muhammad Iqbal Ramadhan Moerdiono lahir pada 5 Februari 1996. Itu artinya, usia Iqbal kini 28 tahun.

Iqbal Ramadhan lahir dari rahim Machica Mochtar hasil pernikahan siri dengan Moerdiono yang disebut-sebut sebagai jenderal dan pejabat tinggi di era Orde Baru dalam video viral sebelumnya.

Untuk diketahui, Moerdiono adalah Letnan Jenderal TNI yang pernah menjabat selama dua periode sebagai Menteri Sekretaris Negara Indonesia. Moerdiono meninggal dunia pada 7 Oktober 2011.

Machica Mochtar dan Moerdiono menikah siri pada 20 Desember 1993 dan bercerai lima tahun kemudian. Juli 2008, keluarga Moerdiono memberikan pernyataan tidak mengakui Iqbal sebagai anak.

Status Iqbal Ramadhan sebagai putra dari Machica Mochtar dan Moerdiono sempat viral sekitar tahun 2010. Kasus tersebut membuat MK mengabulkan uji materi atau judicial review terhadap salah satu pasal dalam UU no 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

Isi putusan MK kala itu adalah "Anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan keperdataan dengan ibu dan ayah sepanjang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan".

2. Karier Iqbal Ramadhan

Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar
Profil Iqbal Ramadhan Putra Machica Mochtar

Iqbal Ramadhan lulus dari Universitas Al Azhar Indonesia pada Februari 2021 dengan gelar Sarjana Hukum. Saat kuliah, Iqbal pernah menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia.

Machica Mochtar mengungkap bahwa sang putra mendapat beasiswa kuliah dari Jenderal A.M. Hendropriyono. Iqbal Ramadhan menjalani Sumpah Advokat pada Juni 2023 dan meraih gelar Master Hukum dari kampus yang sama di bulan Oktober 2023.

Kini Iqbal bekerja di Budi & Partners Law Office sebagai pekerja lepas untuk posisi Junior Associate berdasarkan profil akun LinkedIn miliknya.

Sebelum itu, Iqbal Ramadhan pernah magang di beberapa lawfirm seperti Susanti Agustina Lawfirm, Panji Ramanda, Lokataru, Law and Human Rights Office, dan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI).

Itu dia sekilas profil Iqbal Ramadhan putra Machica Mochtar yang ikut diciduk polisi setelah demo menolak RUU Pilkada 2024.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved