Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pilih Tak Mendompleng Nama Besar Sang Ayah Saat Dipukuli Aparat, Iqbal Ramadhan Panen Pujian Selangit

 Muhammad Iqbal Ramadhan anak Machica Mochtar. (X/@MichelAdam7__)

Anak penyanyi dangdut Machica Mochtar, Muhammad Iqbal Ramadhan, menjadi salah satu orang yang ditangkap dalam aksi demo tolak Revisi UU Pilkada di depan Gedung DPR RI beberapa waktu lalu.

Iqbal mengaku disiksa oleh aparat saat diamankan. Akibat dari penyiksaan yang dilakukan aparat, Iqbal bahkan menderita beberapa luka-luka dan mengalami trauma berat.

Belakangan diketahui jika Iqbal Ramadhan merupakan anak dari penyayi dangdut Machica Mochtar dan ayahnya adalah Moerdiono yang merupakan Purnawirawan TNI berpangkat Letnan Jenderal pada masa Orde Baru.

Iqbal Ramadhan menuai pujian saat ia memilih untuk tidak menggunakan embel-embel nama sang ayah untuk kepentingan pribadinya. Mahasiwa Universitas Al-Azhar itu mengaku dibesarkan oleh sosok ibu pekerja keras.

Baca Juga: Hidung Patah Gegara Ditendang Aparat Saat Demo, Bagaimana Keadaan Iqbal Anak Machica Mochtar Sekarang?

“Memang benar ayah saya seorang Jenderal TNI dan pejabat tinggi pada era Orde Baru, namun saya terlahir dari rahim seorang perempuan, seorang ibu yang penuh dengan perjuangan,” kata Iqbal dikutip dari unggahan akun X @MichelAdam7_ pada Jumat (30/8/2024).

Berbeda dengan beberapa oknum anak pejabat yang kerap menggunakan nama orang tua sebagai privilege untuk kepentingan pribadi, Iqbal malah menyembunyikan identitas kedua orang tuanya itu.

“Saya tidak pernah menggunakan nama besar almarhum ayah saya untuk kepentingan pribadi. Saya menjaga rapat latar belakang kedua orang tua saya,” tutur Iqbal.

Aksinya turun ke jalan untuk melakukan demo ternyata ditenggarai untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi rakyat kecil yang ingin menuntut hak-haknya.

“Hanya satu yang ingin saya ketahui, bagaimana rasanya menjadi masyarakat kecil saat mereka ditangkap dan ditahan oleh aparat keamanan karena menuntut hak-haknya,” terang mahasiwa jurusan Ilmu Hukum itu.

Machicha Mochtar dan Iqbal Ramadhan (instagram/machicamochtar70)

Walaupun menjadi anak seorang Jenderal, Iqbal mengaku hidupnya sedari kecil jauh dari kesan mewah. Ibunya bahkan selalu mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam hidup.

“Ibu saya selalu menanamkan nilai-nilai keadian,” imbuhnya.

Iqbal lalu mengungkapkan harapan ibunya kepada dirinya agar ia bisa berguna bagi masyarakat dan orang-orang terpinggir.

“Harapan terbesar ibu saya adalah agar saya bisa berguna bagi masyarakat dan berpihak pada mereka yang terpinggirkan,” tandasnya.

Sikap Iqbal yang memilih tidak mendompleng nama sang ayah itu menuai pujian dari para netizen. Tidak hanya Iqbal, sang ibu, Machica Mochtar juga tak luput dari sorotan karena dinilai berhasil mendidik anaknya dengan baik dan penuh perjuangan.

“Salut dan luar biasa anak ini. Ini akan memberi contoh kepada yang lain. Jadi anak itu harus merdeka dan berikhtiar sendiri. Jangan suka membonceng nama orang tua,” komen akun @Ssap***

“Orang tuanya berhasil menanamkan sikap keadilan, daya juang dan berpikir,” komen akun @Pava***

“Yang hebat itu ibunya. Membentuk karakter dia hingga seperti sekarang,” tulis akun @dian*** seperti dikutip dari suara

Iqbal Ramadhan lulus dari Universitas Al Azhar Indonesia pada Februari 2021 dengan gelar Sarjana Hukum. Saat kuliah, Iqbal pernah menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia.

Machica Mochtar mengungkap bahwa sang putra mendapat beasiswa kuliah dari Jenderal A.M. Hendropriyono. Iqbal Ramadhan menjalani Sumpah Advokat pada Juni 2023 dan meraih gelar Master Hukum dari kampus yang sama di bulan Oktober 2023.

Kini Iqbal bekerja di Budi & Partners Law Office sebagai pekerja lepas untuk posisi Junior Associate berdasarkan profil akun LinkedIn miliknya.

Sebelum itu, Iqbal Ramadhan pernah magang di beberapa lawfirm seperti Susanti Agustina Lawfirm, Panji Ramanda, Lokataru, Law and Human Rights Office, dan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI).

Itu dia sekilas profil Iqbal Ramadhan putra Machica Mochtar yang ikut diciduk polisi setelah demo menolak RUU Pilkada 2024.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved