Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Parah! Curhat Pimpinan KPK, 5 Tahun Menjabat Tidak Pernah Diundang Jokowi Bahas Soal Korupsi

  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengungkap sulitnya bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Bahkan kata dia, lebih mudah organisasi masyarakat (Ormas) yang bertemu dengan Presiden Jokowi ketimbang para pimpinan KPK.

Hal itu diungkap Nawawi saat menghadiri acara  Media gathering di kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 12 September 2024 kemarin.

"Pak Alex, lebih mudah Ormas ya ketemu Pak Presiden dari pada pimpinan KPK," kata Nawawi.

Nawawi mengungkit, selama lima tahun menjabat pimpinan KPK tidak pernah sekalipun diundang oleh Presiden Jokowi untuk membahas pemberantasan korupsi. 

"Lima tahun kami di sana, tidak pernah sekalipun kami diundang untuk membicarakan KPK," kata dia.

Nawawi mengatakan, hanya sekali bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama menjabat sebagai Ketua KPK. Itupun, kala hadir di Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). 

"Kami itu beberapa kali mengajukan permohonan untuk menghadap. Satu kali itu aja dipenuhi kaitannya dengan rencana penyelenggaraan Hakordia, pada waktu itu satu kali," ucap dia.

Minta Bantuan Menko Polhukam

Nawawi mengatakan, ia berharap Menkopolhukam turun tangan membantu menjembatani komunikasi pimpinan KPK dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Karena, menurut dia ada koordinasi yang tidak jalan selama ini.

"Saya pernah mengajak Pak Alex, Pak Ghufron, Pak Johanis Tanak, bahkan Deputi Penindakan, Deputi Korsup saya ajak bicara dengan Polhukam yang baru," tandas dia seperti dikutip dari liputan6

Pimpinan KPK Ngaku Sulit Bertemu Jokowi: Presiden Lebih Mudah Ketemu Ormas

 Ketua KPK Nawawi Pomolango mengungkapkan susahnya pimpinan KPK untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Bahkan, selama 5 tahun periode kepemimpinan, pimpinan KPK tak pernah diundang Jokowi. 

Nawawi juga menyebut sempat melontarkan candaan dengan pimpinan KPK lainnya, Alexander Marwata, bahwa Jokowi lebih mudah bertemu dengan ormas ketimbang pimpinan KPK.

Ia pun menyayangkan komitmen pemerintahan Jokowi dalam pemberantasan korupsi.

"Saya pernah bercanda dengan Pak Alex, saya kirimi satu link pemberitaan. 'Pak Alex, lebih mudah ormas, ya, ketemu Pak Presiden daripada pimpinan KPK'," kata Nawawi saat diskusi dalam Media Gathering KPK, di Kabupaten Bogor, Kamis (12/9).

"Lima tahun kami di sana, tidak pernah sekalipun kami diundang untuk membicarakan KPK. Terserah kalian artinya ini, menafsirkan apa. Seorang pemimpin negara tidak pernah mengundang," ungkap dia.

Nawawi menekankan, pimpinan KPK sudah beberapa kali mengajukan permohonan untuk menemui Jokowi. Akan tetapi, hanya dipenuhi sekali terkait penyelenggaraan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). 

"Bukan hanya diundang, kami itu ada beberapa kali mengajukan permohonan untuk menghadap. Satu kali aja itu dipenuhi kaitannya dengan rencana penyelenggaraan Hakordia. Pada waktu itu, satu kali," sebut dia.

Diskusi dalam Media Gathering KPK bersama Pimpinan KPK, Dewas KPK, dan ICW, di Tandur Tandur KianMas, Kabupaten Bogor, Kamis (12/9/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparanzoom-in-white 

Nawawi juga sempat berharap bisa membahas kondisi KPK saat pelantikan Johanis Tanak sebagai pimpinan KPK. Akan tetapi, lanjutnya, Jokowi justru menemui Dewas KPK alih-alih pimpinan KPK.

"Hanya satu momen di acara kami berharap bisa bicara dengan presiden tentang segala kondisi Komisi Pemberantasan Korupsi, ketika penggantian pimpinan, masuknya Pak Johanis Tanak," katanya.

"Usai pelantikan kami berharap kami dipanggil. Tidak, yang dipanggil itu Dewas saat itu. Terserah teman-teman mau lihat bicara, menafsirkan," sambung dia.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan susahnya bertemu dengan Menko Polhukam yang baru, Hadi Tjahjanto. Sejak direncanakan hingga saat ini, bahkan pertemuan itu belum terjadi. 

"Saya pernah mengajak Pak Alex, Pak Ghufron, Pak Johanis Tanak, bahkan Deputi Penindakan, Deputi Korsup, saya ajak bicara dengan Menko Polhukam yang baru," tuturnya.

"Bisa enggak sebagai menteri yang mengkoordinator, menteri yang berkecimpung di dalamnya KPK, itu mengadakan semacam ini [pertemuan] dengan KPK. Diterima, disambut baik, [dibilang], 'Oh ini bagus ini', [tapi] tidak pernah dilaksanakan sampai saat ini," pungkas Nawawi.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved