Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Memilukan, Inilah Kisah Cinta Kapten Pierre Tendean dengan Rukmini yang Berakhir Tragis akibat Peristiwa G30S PKI

Potret Rukmini dan Pierre Tendean menghabiskan waktu bersama  di Medan.  (Instagram/kembang_rumbia)

 Kapten Pierre Tendean merupakan salah satu Pahlawan Revolusi Indonesia yang gugur dalam peristiwa kelam G30S PKI.

Letnan Satu Pierre Tendean menjadi korban kekejaman G30S PKI pada tahun 1965 yang diculik sekelompok pasukan bersenjata karena dikira Jenderal A.H. Nasution dan dibunuh lalu jasadnya dibuang ke Lubang Buaya.

Selain keberaniannya dalam melawan komunis dan melindungi negara, kisah cinta Pierre dengan seorang wanita bernama Rukmini juga menyimpan cerita mengharukan yang layak untuk dikenang.

Dilansir SketsaNusantara.id dari Buku "Sang Patriot: Kisah Seorang Pahlawan Revolusi - Biografi Resmi Pierre Tendean", diketahui Pierre Tendean bertemu Rukmini sekitar tahun 1961.

Prajurit berparas bule yang mewarisi darah campuran Indo-Prancis itu selalu menjadi pusat perhatian para gadis, tetapi Pierre Tendean mengaku tertarik dengan Rukmini binti Chaimin.

Pertemuan pertamanya Rukmini terjadi saat Pierre Tendean masih bertugas di Medan. Kala itu Rukmini masih duduk di bangku SMA dan kisah cintanya bermula ketika Pierre dijodoh-jodohkan temannya.

Gadis asal Yogyakarta bernama lengkap Nurindah Rukmini Chaimin itu pun mulai menjalin hubungan yang serius dengan Pierre Tendean. Bahkan sang Kapten pun kerap berkunjung ke rumah Rukmini di Medan.

Pierre dan Rukmini saling mencintai dengan tulus, meskipun keduanya jarang bertemu karena tuntutan tugas Pierre sebagai seorang perwira TNI Angkatan Darat.

Pasangan yang terpaut umur 8 tahun ini juga memiliki impian besar untuk masa depan bersama bahkan telah berencana untuk menikah.

Namun, terdapat kendala besar yang terbentang di antara keduanya yakni perbedaan keyakinan. Rukmini adalah gadis muslim yang taat sedangkan Pierre Tendean adalah seorang Katolik.

Meski ada perbedaan keyakinan, cinta pasangan ini tetap terjaga meski jarak dan waktu kerap memisahkan.

Pierre dan Rukmini menjalani LDR atau hubungan jarak jauh saat kapten ditarik melanjutkan studinya pada tahun 1963 di Bogor, Jawa Barat.

Di tengah kesibukan tugas, Pierre selalu menyempatkan diri berkirim surat untuk memberi kabar pada Rukmini. Tanpa ragu, Pierre memilih pergi ke Medan saat cuti untuk mengunjungi kekasihnya.

Momen mengharukan pasangan ini ketika Lettu Pierre Tendean melamar Rukmini pada 31 Juli 1965 saat bertugas mengawal Jenderal AH Nasution ke Medan.

Pierre Tendean pun mendapat restu oleh orang tua dan direncanakan akan menikah dengan Rukmini pada bulan November 1965.

Sayangnya, takdir berkata lain. Momen bahagia lamaran menjadi pertemuan terakhir dan kisah cinta pasangan Pierre Tendean dan Rukmini berakhir dengan tragis.

Pada tanggal 30 September 1965, Pierre Tendean ditangkap saat bertugas di kediaman Jenderal AH Nasution.

Kekasih Rukmini itu mengaku sebagai Jenderal AH Nasution kepada pasukan Cakrabirawa dan dieksekusi lalu jasadnya dibuang ke Lubang Buaya bersama enam perwira tinggi lainnya.

Berita kematian Pierre menghancurkan hati Rukmini. Ia kehilangan cinta sejatinya sebulan sebelum bisa mewujudkan impiannya untuk menikah dan membangun rumah tangga dengan Pierre Tendean.

Peristiwa tragis ini meninggalkan luka mendalam bagi Rukmini, namun ia tetap mengenang Pierre sebagai seorang pahlawan yang gagah berani.

Pierre Tendean dikebumikan pada tanggal 5 Oktober 1965 yang hingga kini dikenang sebagai salah satu pahlawan revolusi.

Rukmini yang kisah cintanya berakhir pahit selama puluhan tahun pun menghembuskan nafas terakhir pada 27 Juli 2019.

Kisah cinta Pierre dan Rukmini menjadi bagian dari sejarah Indonesia yang penuh makna.

Hingga ajal menjemput pun Rukmini masih mengingat kenangan manis dengan Pierre Tendean yang tak akan terlupakan seumur hidupnya.***

Sumber Berita / Artikel Asli : sketsa

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved