Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kuliti Janji RK Soal Uang Rp200 Juta Per RW, Video Pria Berjersey Timnas: Jangan Bohongi Warga Jakarta, Ingat Dosa!

  Bakal calon gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) lagi-lagi menjadi sorotan netizen. 

Setelah jejak digitalnya soal cuitan-cuitan lawas di platfrom X jadi omongan, kekinian RK kembali disorot setelah mengumbar janji akan memberikan uang Rp200 juta tiap RW jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jakarta.

Dalam video yang dibagikan akun X, @BebySoSweet pada Jumat (7/9/2024), tampak seorang pria yang mengenakan jersey timnas sepak bola Indonesia mengkritik soal janji RK soal duit ratusan juta rupiah yang akan dibagikan tiap RW di Jakarta.

Pria dalam video berdurasi satu menit itu turut menyinggung nama Mulyono yang diduga adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengkritik soal janji RK. 

Bahkan, pria tersebut menyebut jika Ridwan Kamil mencoba untuk mengibuli warga Jakarta.

Pasalnya, pria ber-jersey squad Garuda itu turut menampilkan hasil tangkapan layar terkait berita lawas yang dimuat salah satu media online berjudul: "Ridwan Kamil Bohong, Janjikan Rp100 Juta untuk Tiap RW".

Diketahui, soal janji uang Rp100 juta untuk tiap RW itu diumbar saat Ridwan Kamil saat maju menjadi Wali Kota Bandung pada 2013 silam. 

"Guys liat nih kelakuan bonekanya Mulyono, pengen ngasih Rp200 juta tiap RW di Jakarta. Dia ini lagi pengen ngeboongin warga Jakarta, seperti dia boongin warga Bandung tahun 2013," ucapnya dikutip pada Minggu (8/9/2024).

Pria itu juga coba menghitung-hitung soal janji RK yang bakal membagi-bagikan uang Rp200 juta kepada tiap RW di Jakarta. 

Dari hasil hitungannya itu dari jumlah RW di Jakarta yang mencapai 2.752, dana yang mesti digelontorkan terkait janji RK bisa mencapai Rp6,6 triliun per tahunnya.

Namun, pria itu meragukan jika nantinya janji RK yang ingin membagikan uang Rp200 per RW di Jakarta bisa terwujud. 

Sebab, kata dia, keuangan Pemprov DKI Jakarta pada 2023 lalu defisit sebesar Rp5 triliun.

"Dia tahu gak sih jumlah RW di Jakarta itu ada sekitar 2.752. Kalau Rp200 juta dikali 2.752 RW, Pemprov DKI itu harus ngeluarin duit sekitar Rp550 miliar per bulan. Terus kalau dikali setahun itu sekitar 6,6 triliun rupiah, sedangkan APBD DKI Jakarta itu defisit Rp5 triliun tahun 2023," ujarnya.

Lantaran dianggap mustahil, dia pun mewanti-wanti agar RK jangan berani-berani membohongi warga Jakarta soal janji kampanye sebagai bacagub. 

Di akhir potongan video tersebut, pria itu juga mengingatkan soal pertanggunjawaban di akhirat hingga dan lagi-lagi menyebut nama Mulyono yang diketahui panggilan Jokowi semasa kecil.

"Terus lo mau nombok dari mane buat bayar pak RW, Rp6,6 triliun, m****t. Jangan dah lo bohongin warga Jakarta. Kita udah capek diboongin sama Mulyono, inget dosa di akhirat," ujarnya.

Video pria ber-jersey timnas Indonesia yang menguliti soal janji RK terkait uang Rp200 juta untuk tiap RW di Jakarta turut menjadi sorotan netizen. 

Bahkan, banyak netizen termasuk pemilik akun X bercentang biru ikutan menyindir soal janji RK tersebut karena dianggap tidak mungkin terealisasi.

[VIDEO]


"Bener, kalo bikin janji yang realistis aja deh, kalo terlalu muluk muluk ntar bakalan masyarakatnya yang ditipu," sindir akun X @Generasiosing.

"Duitnya dari daun," celetuk akun @mikuroQ disertai emoji tertawa.

"Jilatannya terlalu keliatan juga," timpal akun @Yuureikunkun.

Diketahui, soal janji uang Rp200 juta bagi RW se-Jakarta sebelumnya diungkapkan RK saat menghadiri acara deklarasi Selayang Pandang di sebuah pendopo samping kantor Bamus Betawi di Jalan Bekasi Timur IX, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2024) lalu.

"Jakarta itu harus berkeadilan, tadi Bang Eki (Ketua Dewan Adat Bamus Betawi), maka salah satu programnya nanti RW-RW akan kita kasih anggaran minimal Rp 100 juta sampai 200 juta,” kata Ridwan Kamil.

Menurutnya, hal tersebut telah dilakukannya ketika menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Masa Bandung bisa, Jakarta enggak? Apa yang terjadi? RW-RW, warganya, ikut memikirkan, mendesain sendiri wilayahnya," ujarnya seperti dikutip dari suara

Keterangan Lengkap RK tentang Janji Rp200 Juta per RW

Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) menjanjikan anggaran Rp100-200 juta per RW. Dia juga mengungkapkan niatnya untuk menaikkan gaji RT dan RW apabia berhasil memenangkan Pilkada 2024.

Menurutnya, janji itu sama sekali tidak berlebihan. Dia melanjutkan, janji dengan nominal demikian adalah dalam rangka menghadirkan keadilan. Apalagi, dia menilai anggaran cocok untuk kota sekelas Jakarta.

"Gaji RW-RT juga kita naikkan insya Allah," ujarnya, saat berkunjung ke Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu, 7 September 2024 kemarin.

"Dengan keadilan, tidak menjanjikan yang sifatnya kadang-kadang berlebihan, kan begitu," katanya lagi.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu juga memastikan bahwa penggunaan anggaran per RW tidak akan digelontorkan begitu saja, tetapi dibersamai pengawasan supaya pembagiannya baik dan benar.

"Disupervisi oleh orang berilmu, di level kecamatan. Disetujui oleh Pak Gubernurnya, karena belanjanya juga nanti nggak sembarangan harus ada panduan," ucap Mantan Gubernur Jawa Barat.

Ia mengenang, saat memimpin Jabar, anggaran untuk RW di Ibu Kotanya, Bandung, itu sudah diterapkan skema pendanaan serupa, yaitu senilai Rp100 juta per RW.

"Saya bilang tahun pertama, beli motor triseda dulu buat RW-RW yang tidak punya motor kebersihan. Jadi bersih," kata dia.

 "Nah itu. Jadi kombinasi berkeadilan, RW-RW diberi anggaran, dibimbing oleh pemimpinnya, disupervisi orang-orang berilmu, saya yakin 5 tahun itu jadi perubahan yang luar biasa," ujar RK, menandaskan.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved