Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Megatsunami Setinggi 200 Meter Hantam Greenland, Ilmuwan Teriak Kiamat

 Megatsunami terjadi di wilayah Greenland. Namun kejadian itu baru diketahui setahun setelah insiden berlangsung, yakni pada September 2023.

Megatsunami itu terjadi karena tanah longsor di Fjord Greenland. Akibatnya memicu gelombang air setinggi 200 meter, dikutip dari IFL Science, Jumat (13/9/2024).

Kejadian megatsunami cukup mengejutkan karena tidak diketahui secara langsung. Bahkan para peneliti kebingungan dengan aktivitas tersebut, dan hanya mengetahui sedikit informasi saja.

"Saat kami mulai petualangan ilmiah, semua orang bingung dan tidak ada seorangpun yang paham," ujar Kristian Svennevig dari Survei Geologi Denmark dan Greenland.

Dia melanjutkan, "kami hanya tahu kaitannya dengan tanah longsor. Kami berhasil memecahkan teka-teki ini lewat upaya interdisipliner dan internasional yang besar".

Dalam sebuah makalah baru oleh Svennevig dan timnya, terungkap gelombang megatsunami terjadi selama seminggu. Dilaporkan gelombang megatsunami tegak lurus dengan arah tsunami awal.

Menurut mereka, longsor kemungkinan terjadi karena 'kiamat' perubahan iklim. Karena adanya perbedaan suhu ekstrem musim panas dan musim dingin, musim semi jadi waktu longsor di Greenland.

Bukan hanya itu, ada beberapa hal yang berkontribusi pada longsor. Mulai dari lapisan es yang mencair, kurangnya penopang es dan perubahan pola presipitasi.

Dari perhitungan para peneliti, setidaknya 25 juta meter kubik batu dan es jatuh dari lereng 45 derajat sepanjang 600-900n meter ke samping Fjord. Sebagai perbandingan, volumenya hampir dua kali lipat bangunan terbesar dunia, pabrik Boeing Everett.

Citra satelit juga mengungkapkan adanya empat longsoran baru dan satu longsoran lain.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved