Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Duh! KPK Mau Kirim Surat ke Kaesang Tapi Tak Tahu Posisi Anak Jokowi itu Ada di Mana

 Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, menuai sorotan beberapa hari ini. 

Kaesang bersama istrinya, Erina Gudono, diduga menikmati fasilitas private jet yang diberikan oleh pengusaha.

Pesawat jet dengan tail number N588SE itu digunakan Kaesang bersama Erina ke Amerika Serikat pada pertengahan Agustus 2024. 

Pesawat itu dimiliki oleh perusahaan besar asing yang beroperasi di Indonesia.

Belakangan, muncul video lain di media sosial yang memperlihatkan Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi. Diduga jet itu sedang mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, mengungkapkan pihaknya bakal mengirimkan surat ke Kaesang untuk mengklarifikasi penggunaan fasilitas jet pribadi tersebut.

"Ini mekanisme, prosedur biasa saja yang berlaku di KPK, ya. Kalau ada informasi dari masyarakat, kami biasanya mengundang. Jadi, kalau terkait dengan laporan-laporan penerimaan-penerimaan, lewat Direktorat Gratifikasi dan Kedeputian Pencegahan, kami mengundang," ujar Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (30/8).

"Suratnya sedang dikonsep, surat undangan, apakah nanti apa, saya tidak tahu posisi yang bersangkutan saat ini ada di mana," jelas dia.

Alex berharap, Kaesang terlebih dahulu juga mendeklarasikan sendiri terkait penerimaan fasilitas jet pribadi tersebut. Hal itu juga diminta untuk disertai dengan bukti.

"Kami, sih, berharap ketika melakukan deklarasi atau apa pun disertai bukti dong. Misalnya, 'Oh enggak, saya bayar sendiri, ini loh bukti transfernya'," tutur Alex.

Ia menjelaskan bahwa hal itu perlu dilakukan agar pertanyaan dan keresahan publik dapat terjawab.

"Jadi apa? clear dong. Nah, hal seperti itu yang sebetulnya tidak sekadar dideklarasikan, tapi juga tolong dong kan buktinya," kata dia.

"Jadi, supaya masyarakat yang mempertanyakan, membuat media sosial dua hari ini sangat ramai, itu juga menjadi tercerahkan, oh ya udah kalau itu dibayar, uang pembayaran ada dan seterusnya, kalau bagian dari fasilitas usaha, ya selesai, seperti itu," pungkasnya.

Terkait penggunaan private jet tersebut, Kaesang dan Erina maupun pihak keluarga belum berkomentar. 

Setelah berhari-hari jadi isu nasional, Sekjen PSI Raja Juli Antonio pada Minggu (25/8) malam akhirnya bersuara. Tapi jawabnya, hanya no comment karena itu dinilainya merupakan masalah pribadi seperti dikutip dari kumparan

Permintaan klarifikasi dianggap perlu dilakukan lantaran KPK mencurigai jika jet pribadi yang dinaiki Kaesang dan istrinya diduga berkaitan dengan jabatan Jokowi sebagai kepala negara. 

Soal rencana meminta klarifikasi terhadap Kaesang terkait penggunan jet pribadi disampaikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata.

"Kenapa kami membutuhkan penjelasan dari saudara Kaesang terkait hal ini? Karena kami menduga, patut diduga, patut diduga itu ada kaitannya dengan penyelenggara negara, kan kita tahu kan orang tua dari saudara Kaesang, seperti itu," kata Alex saat di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024). 

Lebih lanjut, Alex mencontohkan dirinya yang merupakan penyelenggara negara dan menolak gratifikasi. 

Namun, dia meminta agar diberikan saja kepada anaknya yang tidak berstatus sebagai penyelenggara negara.

"Yang terima gratifikasi siapa? Anak saya yang menerima sesuatu, tetapi kan faktor karena saya selaku penyelenggara negara," ujar Alex.

"Maka saya pikir KPK juga bisa untuk melakukan klarifikasi seperti itu. Itu tadi, supaya, satu sisi kalau KPK tidak melakukan klarifikasi, ini bisa menjadi modus untuk melakukan pencucian uang atau apapun bentuknya atau aset," tambah dia. ***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved