Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Puji Putusan Bebas Pegi Setiawan, Mahfud MD: Sejak Awal Konspiratif

 

Putusan bebas dalam praperadilan diajukan Pegi Setiawan dalam kasus dugaan pembunuhan Vina Cirebon dipuji oleh mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud mengatakan putusan itu memperlihatkan sikap Hakim Eman Sulaeman yang independen dalam menangani praperadilan Pegi.

"Saya tabiklah kepada hakim yang telah memutus praperadilan dengan berani, jujur, dan kepada pengacaranya yang gigih memperjuangkan Pegi," kata Mahfud seperti dikutip dari kanal YouTube Mahfud MD Official, Rabu (10/7/2024).

Mahfud juga menyampaikan pujian kepada Polda Jawa Barat yang menerima dan melaksanakan putusan praperadilan itu.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menilai proses penyelidikan kembali kasus pembunuhan Vina oleh aparat kepolisian penuh kejanggalan, bahkan cenderung tidak profesional.

Apalagi momentumnya karena kasus itu kembali ramai diperbincangkan masyarakat setelah pemutaran film "Vina: Sebelum 7 Hari."

"Sejak awal saya pikir pengadilan harus menerima permohonan praperadilan Pegi karena itu penanganannya bukan hanya terlihat tidak profesional tapi juga menimbulkan kesan kolutif dan konspiratif," ucap Mahfud.

"Kenapa? Dulu kasus itu kan sudah 8 tahun lalu dibiarkan dan baru dibuka lagi sesudah ada film Vina setelah 7 hari. Itu sudah sangat tidak profesional," sambung Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, Dalam amar putusannya dibacakan pada Senin (8/7/2024), Hakim tunggal PN Bandung Eman Sulaeman mengatakan, gugatan itu dikabulkan karena tidak ada bukti Pegi pernah diperiksa oleh Polda Jawa Barat sebelum ditetapkan sebagai tersangka.

Selain itu, Hakim Eman menyatakan penetapan tersangka tidak hanya dengan bukti permulaan yang cukup dan minimal dua alat bukti, tapi harus diikuti adanya pemeriksaan calon tersangka yang termaktub dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved