Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

India Siap Kerja Sama dengan Indonesia dalam Skema Makan Siang Gratis untuk Murid-murid Sekolah Negeri

Sandeep Chakravorty Duta Besar India untuk Indonesia membuka pintu kerja sama pada pemerintahan Indonesia yang baru untuk membuat pilot project makan siang gratis bagi murid-murid di sekolah negeri seluruh Indonesia, seperti yang dijalankan India dalam upaya memperbaiki gizi anak-anak. India telah menjalankan program makan gratis di sekolah sejak 1925 yang dimulai dari Kota Chennai dan masih berlangsung sampai sekarang di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

“Kami mengikuti pemilu presiden yang baru-baru ini dilakukan Indonesia dan dimenangkan Prabowo Subianto. Prabowo berencana menerapkan program makan siang gratis,” kata Duta Besar Chakravorty kepada Tempo, 19 Juli 2024.

Menurutnya, Prabowo telah mencoba memahami bagaimana skema makan gratis bagi murid-murid di India yang sudah berlangsung sangat lama di India. Dia pun menyebut sudah ada tim ahli dari Indonesia yang kunjungan kerja ke India untuk melihat dapur-dapur sekolah-sekolah di India dijalankan dan berdiskusi dengan ahli di India yang menjalankan skema makan gratis untuk murid-murid.

“Kami mungkin saja punya pilot project dengan Indonesia menggunakan keahlian kami dan efisiensi skema makan gratis untuk murid-murid sekolah di India. Ini program yang tidak mahal seperti yang diperkirakan. Kami bahkan bisa melakukannya pada rate yang ekonomis,” kata Chakravorty.

Chakravorty menjelaskan skema makan siang gratis bagi murid-murid di sekolah negeri di India berdampak positif pada pendidikan anak-anak serta tumbuh kembang mereka. Ini juga berperan sebagai ketahanan pangan bagi murid-murid dari kalangan keluarga kurang mampu.

“Ada organisasi di India yang menjalankan program ini, dan saya siap memperkenalkannya ke Indonesia,” ujarnya.

Saat ditanya apa kunci sukses India menjalankan skema makan gratis bagi murid-murid, Chakravorty dengan tegas menyatakan kesuksesannya adalah dukungan politik yang dihormati oleh seluruh pihak. India benar-benar menyisihkan budget atau anggaran untuk mendukung dan mengembangkan skema ini. Program makan siang gratis bagi murid sekolah ini masih berjalan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi di seluruh sekolah negeri yang ada di penjuru India.

“Persoalan higienitas itu mungkin terjadi, namun ini adalah program paling lama yang kami punya. Tim ahli dari Indonesia yang pernah ke India juga melihat program ini, bagaimana makanan bersih diolah, dimasak dan distribusikan. Makanan yang diberikan adalah makanan bernutrisi sehingga berdampak pada tumbuh kembang anak,” katanya.

Chakravorty meyakini setiap negara itu memiliki karakteristik yang berbeda, dan pihaknya pun yakin Pemerintah Indonesia akan melakukan yang terbaik bagi rakyat Indonesia. India siap menawarkan dukungan dan bantuan.

“Banyak eksperimen untuk memulai, jika Indonesia berniat bermitra dengan India dalam hal ini – kami akan mendatangankan tim ahli dari India langsung untuk memberikan masukan apa yang terbaik atau bahkan pilot project.” pungkasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved