Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Alasan Gedung Mangkrak Tertinggi di Dunia Ditinggalkan dan Disebut Berhantu

Goldin Finance 117

Jakarta - Keberadaan gedung tinggi di kota-kota besar adalah pemandangan biasa. Begitu pula dengan China yang saat ini tercatat memiliki 3.727 bangunan. Namun, di antara bangunan megah tersebut, ada satu gedung tinggi yang dibiarkan mangkrak selama 16 tahun, bernama Goldin Finance 117. Lantas, apa yang terjadi pada gedung tinggi tersebut hingga tidak selesai dibangun?

Goldin Finance 117 adalah proyek real estate mewah yang dibangun oleh perusahaan Goldin Group yang mana pemain baru di industri properti di China. Sebelumnya perusahaan ini berpusat di Hong Kong.

Proyek ini kurang mendapat dukungan dari pemerintah setempat sehingga dana pembangunannya bersumber dari Goldin Group sendiri. Sayangnya, setelah 2 tahun pembangunan terjadi krisis keuangan yang membuat pembangunannya terhenti.

Goldin Group berhasil melewati masa genting tersebut dan melanjutkan pembangunan. Namun, rintangan yang lebih besar justru menanti proyek ini pada 2018. Gedung setinggi 600 meter tersebut berhenti dibangun pada September 2018 karena saham perusahaan anjlok.

Semenjak itu, Goldin Finance 117 benar-benar ditinggalkan oleh Goldin Group dan menjadi 'tempat wisata' bagi penggemar olahraga ekstrem meski dilakukan dengan ilegal. Setelah mangkrak, Goldin Finance 117 juga disebut berhantu karena tidak pernah dihuni.

Jika Goldin Finance 117 berhasil dibangun dan tidak mangkrak, bangunan ini dapat menjadi gedung tertinggi kelima di dunia setelah Burj Khalifah di Dubai.

Selain itu, Goldin Finance 117 juga akan menjadi bagian dari gambaran "Goldin Metropolitan" milik miliarder Pat Sutong. Goldin Metropolitan adalah kawasan perumahan kelas atas dan pusat bisnis seluas 1,8 kilometer persegi. Rumah-rumah di sana akan dibuat bergaya Perancis dan Italia. Dengan fasilitas museum anggur, taman dan bahkan klub polo. Gedung ini benar-benar dipersiapkan untuk orang-orang super kaya.

Isi Goldin Finance 117 sendiri adalah rumah dan hotel. Gedung ini terdiri dari 128 lantai di mana 117 lantai sebagai hotel dan ruang komersial. Lalu, 11 lantai berikutnya sebagai ruang mekanik dan operasional. Selain itu, ada pula 4 lantai di bawah tanah.

Bagian paling atas Goldin Finance 117 berbentuk berlian yang rencananya akan dibuat dek observasi, kolam renang, restoran, dan sky bar tertinggi di dunia. Sayangnya saat ini bagian teratas tersebut tidak pernah jadi seperti dilansir dari detik

Kota Tianjin penuh dengan kawasan hantu, banyak pengembang gulung tikar

Sejak munculnya kawasan hantu Ordos yang terkenal di Mongolia Dalam, kawasan hantu, komplek perumahan tak berpenghuni, kota mati bermunculan di seluruh negeri. Stasiun TV “Phoenix Satellite” pernah melaporkan bahwa Kawasan Bisnis Tianjin Binhai telah menjadi kawasan hantu terbesar di Tiongkok. Bagaimana tidak, “30% pekerjaan awal proyek belum juga diselesaikan, dan pengkonstruksian yang sedang berjalan pun mengalami penangguhan. Ini adalah hasil dari pembangunan yang didorong oleh kebijakan, membuat perusahaan pengembang kehilangan semangat”.

Berdasarkan hasil audit utang daerah Tianjin pada awal bulan Januari 2014, kewajiban langsung pemerintah Tianjin mencapai RMB.224,6 miliar, yaitu 1,28 kali lipat dari pendapatan fiskal tahun 2013 yang sebesar RMB.207,8 miliar. Ada rumor beredar yang menyebutkan bahwa pada bulan Februari tahun itu, Wang Yang, yang saat itu menjabat Wakil Perdana Menteri Tiongkok mengatakan pada pertemuan para pemimpin utama kementerian dan komisi Dewan Negara : “Sebenarnya Tianjin sudah bangkrut karena terlilit hutang sebesar lebih dari RMB.5 triliun. Suatu beban hutang buatan manusia yang harus dipikul oleh anak cucu kita.

Zhang Gaoli, mantan anggota Komite Tetap Partai Komunis Tiongkok pernah berkuasa di Tianjin dari tahun 2007 hingga 2012, ia banyak terlibat dalam penggalangan proyek investasi dan konstruksi berskala besar, dan meninggalkan banyak proyek yang terbengkalai.

Pada April 2023, laporan riset makro “Yuekai Securities” menyebutkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, permasalahan utang Tianjin kerap menarik perhatian pasar, terutama tercermin dari tingginya rasio utang dan struktur utang yang tidak seimbang. Pada tahun 2022, saldo utang pemerintah daerah Tianjin mencapai RMB.864,55 miliar, dengan rasio utang mencapai 295,1%, menempati peringkat pertama di negara tersebut.

Dalam dua tahun terakhir, terus tersebar kabar bahwa rasio utang Tianjin telah mencapai 500% yang pantas masuk kategori bangkrut. Beberapa bulan lalu, Gancheng Wang, yang disertifikasi sebagai pengamat urusan terkini di platform media sosial “X” mengatakan, Sekretaris Partai Komunis Tianjin Chen Min’er mengambil inisiatif untuk mengungkapkan bahwa rasio utang kota tersebut adalah 500% dan kota tersebut sudah masuk kategori bangkrut !

Sejak tahun lalu, pemberitaan tentang krisis keuangan pemda Tianjin menjadi intensif. Mulai tahun 2022, sejumlah guru sekolah, pegawai negeri sipil di Tianjin mengalami tunggakan atau pengurangan gaji.

Setelah Zhang Gaoli, Sun Chunlan, Huang Xingguo, Li Hongzhong, Chen Min’er ditunjuk sebagai Sekretaris Partai Komunis Tianjing.***

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved