Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Rocky Gerung Sebut Terlena oleh Data Politis, Indonesia Alami Bangkrut dalam Strategi Ekonomi Makro

 

Sebuah pandangan kritis terhadap strategi ekonomi makro Indonesia kembali muncul ke permukaan melalui pernyataan Rocky Gerung.

Pengamat politik Rocky Gerung menyampaikan pandangannya terkait kondisi ekonomi Indonesia yang menurutnya terlalu terlena oleh data politis.

Menurut Rocky Gerung Indonesia tengah mengalami sebuah krisis dalam strategi ekonomi makro yang mengancam kestabilan ekonomi negara.

Rocky Gerung menyoroti bahwa keputusan-keputusan strategis yang diambil oleh pemerintah seringkali didasarkan pada data politis yang tidak akurat.

Selain itu tidak memperhitungkan perubahan-perubahan dinamis dalam ranah ekonomi global.

Dikutip dari youtube pribadinya, Rocky Gerung mengatakan "Kita tahu kata kunci selama satu dua tahun kabinet itu dimaksudkan untuk mempercepat hilirisasi itu terutama hilirisasi nikel."

Salah satu contoh yang disebutkan oleh Rocky Gerung adalah tentang pembicaraan terus-menerus terkait hilirisasi nikel oleh pemerintah.

Hal ini menunjukkan bahwa fokus pemerintah pada hilirisasi nikel mungkin sudah usang karena adanya teknologi-teknologi baru yang lebih efisien dan berkelanjutan.

"Jadi sebetulnya memang revolusi energi itu terjadi diam-diam karena ini menyangkut strategi keamanan," tambahnya.

Rocky Gerung juga menyoroti kurangnya data ekonomi dan intelijen ekonomi yang akurat dan netral di Indonesia.

Persaingan politik yang terus menerus dan ketidakpastian hukum menjadi hambatan besar bagi investasi asing di Indonesia.

Rocky Gerung menegaskan bahwa Indonesia bukan hanya kekurangan sumber daya.

Tetapi juga kekurangan dalam cara merencanakan dan menggunakan sumber daya tersebut secara efektif.

Selain itu, Rocky Gerung juga menyoroti bahwa keputusan-keputusan strategis yang diambil seringkali didasarkan pada kepentingan politik daripada kepentingan ekonomi nasional.

"Jadi input yang kita berikan pada inspektor asing itu palsu semua tuh dari segi ilmu pengetahuan sudah palsu informasinya pun dipalsukan karena ada keinginan untuk menyenangkan hati Pak Jokowi," ucapnya.

Hal ini terlihat dari kurangnya investasi dalam riset dan pengembangan, pendidikan, infrastruktur, dan inovasi industri yang menjadi kunci untuk mencapai kemajuan ekonomi yang berkelanjutan.

Rocky Gerung menegaskan bahwa penting bagi Indonesia untuk bangun dari keterlenaan oleh data politis dan mulai mendasarkan kebijakan ekonomi pada data yang akurat, riset yang mendalam, dan strategi yang berkelanjutan.

Hanya dengan demikian, Indonesia dapat mengatasi krisis ekonomi makro yang tengah dihadapi dan mencapai kemajuan yang sesungguhnya di tingkat global.

"Kita bukan sekedar krisis dalam politik energi tapi energi politik kita kurang untuk mengawasi kekuasaan," tutupnya.***

Sumber Berita / Artikel Asli : bisnisbandung

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved