Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Gagal Berhari-hari,Tentara Israel Kerahkan Pasukan Besar untuk Jebol Yabna di Pusat Rafah

Masyarakat Jalur Gaza melaporkan kalau tentara pendudukan Israel sedang mengerahkan pasukannya sebagai persiapan untuk menyerbu lingkungan “Yabna” di pusat Rafah, Gaza Selatan.

Sejauh ini setelah hampir satu pekan lebih, Israel belum mampu memasuki lingkungan tersebut karena perlawanan sengit oleh milisi perlawanan Palestina.

"Saksi mata melaporkan tank-tank pendudukan Israel mengambil posisi baru di Rafah pada hari Rabu, lebih jauh ke barat dibandingkan sebelumnya di sepanjang pagar perbatasan selatan dengan Mesir," tulis laporan Khaberni, Kamis (23/5/2024).

Penduduk Rafah membenarkan kalau pasukan pendudukan Israel menggunakan kekuatan besar pada Rabu malam saat mengebom Yabna dengan pesawat tempur, helikopter, drone, dan pesawat pengintai, selain tembakan artileri dari tank.

Sementara itu, Reuters mengutip seorang penduduk Rafah yang mengatakan, "Tank-tank Israel melakukan serangan terbatas ke Rafah tenggara di bawah perlindungan tembakan besar-besaran (serangan udara) yang berlanjut sepanjang malam."

Pada Rabu malam, tank-tank Israel maju ke pinggiran daerah ramai di jantung Rafah pada malam yang menyaksikan salah satu gelombang pemboman terberat di kota tersebut.

Baca juga: Tank-Tank IDF Menyemut, AS: Israel Kerahkan Kekuatan yang Cukup untuk Besar-besaran Menyerang Rafah

Pemandangan Kota Rafah di Gaza Selatan dari udara. Pasukan Israel dilaporkan maju jauh ke dalam Rafah dalam invasi mereka berdalih memberantas Hamas. (khaberni)

Pengerahan pasukan besar oleh IDF ini disebutkan menjadi bagian dari rencana perluasan operasi militer di Rafah.

Atas situsi tersebut, PBB mengatakan Rafah menghadapi situasi ‘apokaliptik’ karena kekurangan bantuan kemanusiaan.

Para pejabat Israel telah menegaskan kembali niat mereka untuk menyerang Rafah pada tanggal 20 Mei, ketika Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) memperkirakan bahwa lebih dari 810.000 orang terpaksa meninggalkan kota Gaza selatan selama dua minggu terakhir.

Berbicara dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pada hari Senin bahwa Tel Aviv akan memperluas operasi Rafahnya.

“Kami berkomitmen untuk memperluas operasi darat di Rafah hingga akhir pembongkaran Hamas dan pemulihan para sandera,” sebuah pernyataan dari kantor Gallant mengutip pernyataannya dalam pertemuan tersebut.

Menteri Pertahanan mencatat bahwa Israel melakukan penyesuaian terhadap operasi evakuasi di Rafah.

Sejumlah korban tiba di rumah sakit, semuanya anak-anak, setelah pendudukan Israel mengebom rumah mereka di kawasan Sultan, sebelah barat Rafah. pic.twitter.com/ioZvCLnfzY

“Eksodus berlanjut di Gaza,” kata badan PBB itu melalui postingan media sosial. “Setiap kali ada keluarga yang mengungsi, hidup mereka berada dalam risiko yang serius. Orang-orang terpaksa meninggalkan segalanya demi mencari keselamatan. Tapi tidak ada zona aman.” tulis akun X, — Eye on Palestine.

Kurangnya bantuan di Rafah telah menyebabkan para pejabat mengatakan bahwa kota Gaza selatan sedang menghadapi konsekuensi “apokaliptik”.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat Martin Griffiths mengatakan kepada wartawan AFP di sela-sela pertemuan dengan para pejabat di Doha bahwa kelaparan yang akan terjadi akan menjadi kenyataan.

“Jika bahan bakar habis, bantuan tidak akan sampai ke masyarakat yang membutuhkan. Kelaparan yang sudah lama kita bicarakan dan sedang terjadi, tidak akan terjadi lagi. Itu akan hadir,” kata Griffiths.

“Saya pikir kekhawatiran kami, sebagai warga komunitas internasional, adalah konsekuensinya akan sangat berat. Sulit, sulit, dan apokaliptik.”

Kecaman publik internasional semakin keras setelah Israel pada awalnya mengumumkan rencana invasi ke kota Gaza selatan, yang menampung lebih dari satu juta pengungsi Palestina.

Pada tanggal 6 Mei, Israel memerintahkan warga sipil Palestina yang mencari perlindungan di Rafah untuk mengevakuasi sebagian kota dan memulai serangan pasukan dan tank.

Bukti video penyerangan tersebut menunjukkan tentara Israel menembakkan peluru tank ke tenda-tenda di Rafah.

Kelompok perlawanan Palestina terus melanjutkan perjuangan mereka melawan invasi tentara Israel.

Pada hari Sabtu, sayap militer Hamas, Brigade Qassam, mengumumkan bahwa “pasukannya mampu menghabisi 15 tentara Zionis di timur kota Rafah di Jalur Gaza selatan.”

Dalam pernyataannya, kelompok tersebut melaporkan bahwa likuidasi pasukan Israel ini terjadi “setelah kelompok Qassam menyerbu sebuah rumah di mana sejumlah besar tentara dibarikade dan bentrok dengan mereka dari jarak nol, setelah itu mujahidin kami meledakkan bom anti-Israel. perangkat personel di lingkungan Al-Tanour, sebelah timur kota Palestina.”

Israel memberikan proposal kepada Mesir untuk membuka kembali penyeberangan Rafah dan menerima pengungsi Palestina untuk “mengelola operasinya di masa depan.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa “tidak seorang pun boleh menyandera penduduk Palestina dengan cara apa pun, dan saya tidak akan menyandera mereka.”

Kairo menolak usulan tersebut, dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan upaya putus asa untuk menyalahkan Mesir karena menghalangi bantuan.

 Sumber Berita / Artikel Asli : tribunnews

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved