Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Ayatollah Khamenei Umumkan Lima Hari Berkabung atas Meninggalnya Ebrahim Raisi, Wapres Mohammad Mokhber Ditunjuk Jadi Pengganti

 

TEHERAN -- Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei mengumumkan lima hari berkabung publik menyusul syahidnya Presiden Ebrahim Raisi dan rombongan dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran.

Dalam pesan yang dikeluarkan pada Senin pagi, Ayatollah Khamenei mengungkapkan kesedihannya yang mendalam atas meninggalnya Presiden Raisi dalam insiden yang terjadi di provinsi Azerbaijan Timur, Iran sehari sebelumnya.

Dalam pesan tersebut, Pemimpin Tertinggi menggambarkan Raisi sebagai ulama pekerja keras dan presiden populer yang mengabdikan hidupnya untuk melayani rakyat Iran, negara dan Islam.

“Dalam tragedi yang pahit ini, bangsa Iran kehilangan seorang pelayan yang ramah tamah, rendah hati, dan berharga,” kata Ayatollah Khamenei, seraya menambahkan bahwa Presiden Raisi tidak pernah berhenti bekerja keras dan bekerja sepanjang waktu untuk rakyat Iran meskipun menghadapi kritik dari para simpatisan dilansir dari irna.

Dia menyampaikan belasungkawa kepada bangsa Iran dan menyetujui Wakil Presiden, Mohammad Mokhber untuk mengambil alih jabatan presiden sementara dan bekerja sama dengan ketua parlemen dan pengadilan Iran untuk mempersiapkan landasan bagi pemilihan presiden baru dalam 50 hari ke depan.

Ayatollah Khamenei juga menyatakan kesedihannya atas meninggalnya pejabat senior lainnya yang mendampingi Presiden Raisi dalam kecelakaan helikopter di Azerbaijan Timur, termasuk Menteri Luar Negeri, Hossein Amirabdollahian serta pemimpin salat Jumat Tabriz, dan gubernur provinsi.

Sementara itu, Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS), Pir-Hossein Kolivand, menolak bantuan asing untuk menemukan puing-puing helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan delegasi pendampingnya.

Kolivand mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Senin bahwa operasi penyelamatan untuk menemukan puing-puing helikopter yang membawa Presiden Iran dan delegasi pendampingnya sepenuhnya dilakukan oleh tim penyelamat Iran dan drone Iran.

Dia menambahkan, tim penyelamat Iran-lah yang menemukan puing-puing helikopter sekitar pukul 05.00 Senin (waktu setempat).

Dalam operasi yang berlangsung berjam-jam itu, anggota tim penyelamat dari berbagai instansi, termasuk stasiun pemadam kebakaran, IRCS, layanan darurat, IRGC, Basij, Angkatan Darat, dan pasukan lokal bekerja sama.

Diketahui, Pada Minggu, Presiden Raisi sedang kembali dari upacara peresmian Bendungan Qiz Qalasi di perbatasan Iran dengan Azerbaijan hingga peresmian “Proyek Peningkatan Kilang Tabriz” di kawasan hutan Dizamar antara Desa Ouzi dan Pir Davoud ketika helikopternya jatuh di Wilayah Varzaqan. (fajar)

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved