Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

KISAH Kelam Sniper Kopassus Letda Sanurip Habisi 11 Rekannya Secara Brutal

 


Perwira Kopassus Letda (Inf) Sanurip, membuat heboh karena membunuh semua rekannya dan warga sipil saat transmisi 11 sandera dari Organisasi Papua Merdeka di Bandara Timika, Timika Papua pada 15 April 1996 silam.

Sanurip saat itu menembakkan senjata otomatis dengan menyasar orang-orang di dekat hanggar pesawat yang dioperasikan tentara.

Sebanyak 16 orang tewas, yaitu 11 tentara dan 5 warga sipil. Tembakan membabi buta itu juga melukai 11 orang lainnya.

Sanurip merupakan anggota Kopassus TNI AD. Ketika peristiwa itu terjadi, yang punya spesialisasi penembak jitu alias penembak jitu masih berusia sekitar 36 tahun. Tahun itu, Sanurip adalah pelatih tembak tempur.

Menurut Brigadir Jenderal Amir Syarifudin, Kepala Pusat Penerangan ABRI saat itu, peristiwa berawal ketika Sanurip terbangun dari tidurnya dan membuat suara berisik di dalam hanggar pesawat. 

Lalu ia menghubungi rekannya, tetapi ia tidak terima dan langsung memberondong teman-temannya.

Dari dalam hanggar, Sanurip keluar dan menembak siapa saja yang ditemuinya. Dilaporkan ada 52 butir peluru yang ditembakkan dari senapan Sanurip kepada para korban.

Sanurip mendapat balasan tembakan dari prajurit lain di lokasi. Sanurip akhirnya ditangkap dan dibawa langsung ke Jakarta untuk diperiksa.

Sanurip lumpuh dengan tembakan di bagian kaki. Kasum ABRI Letjen Soeyono memerintahkan Kopassus menyerahkan Sanurip ke Puspom.

Sanurip dijatuhi hukuman mati. Penyebab tindakan Sanurip sampai sekarang tidak terlalu jelas. Ada sejumlah spekulasi di antaranya bahwa Sanurip mempunyai gangguan kejiwaan.

Gangguan kejiwaan itu muncul sebagai efek malaria yang merusak sistem sarafnya. 

Namun Letjen Soeyono beranggapan tindakan yang dilakukan Sanurip karena kecewa urung diterjunkan dalam operasi membantu pengirim sandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Sumber Berita / Artikel Asli : okezone

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved