Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Paloh soal Hak Angket: Persatuan Nasional di Atas Kepentingan Pemilu

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mempertanyakan efektivitas hak angket yang didorong sejumlah fraksi di DPR untuk mendalami dugaan kecurangan Pemilu dan Pilpres 2024.
Paloh menyebut kekuatan fraksinya di DPR saat ini cukup terbatas. Andai mendukung hak angket, dia menyebut, hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap hak konstitusional setiap anggota dewan.

"Saya pikir saya harus katakan ini, dengan energi partai NasDem yang relatif masih amat terbatas, kalaupun NasDem mendorong hak angket itu semata-mata karena penghormatan kepada hak konstitusional yang dimiliki oleh seluruh anggota dewan," ucap Paloh dalam jumpa pers di kantor pusat partainya, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

"Pertanyaannya masih mungkinkah efektivitas yang akan diperoleh oleh NasDem atau siapapun yang melaksanakan hak angket dalam kondisi saat ini?" Imbuhnya.

Dia menyebut demokrasi Indonesia tak menganut asas musyawarah mufakat, melainkan suara terbanyak. Paloh karena itu masih mempertimbangkan jumlah suara jika fraksinya ikut mendorong hak angket.

Dia menyebut hak angket buka kali pertama diusulkan DPR. Namun dia mengaku heran hak angket untuk Pemilu 2024 terkesan sangat mendesak. Paloh menyebut hal penting bagi NasDem hingga saat ini tetap persatuan nasional.

"Tapi concern NasDem itu adalah kepentingan nasional. Berulang kali saya katakan di mana saja. Persatuan nasional itu di atas kepentingan pemilu ini sendiri menurut saya," katanya.

Namun, dia mengaku tetap menyerahkan urusan hak angket sepenuhnya kepada setiap anggota dewan dari fraksinya di DPR. Di samping itu, Paloh mengaku akan menunggu langkah konkret dari PDIP sebagai pemilik kursi terbanyak di DPR saat ini.

"Kami lihat dulu satu per satu, partai yang lebih besar dalam posisinya di DPR hari ini bukan NasDem sebagai partai terbesar. Bahkan rekan-rekan dari PDIP yang pertama sekali mengambil inisiatif untuk menggulirkan hak angket. Nah kita lihat ini sejauh mana progresnya berjalan," kata Paloh.

Sumber Berita /Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved