Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

5 Media Asing Sorot Pemilu 2024 Indonesia, Ini Yang Dibahas

 

Sejumlah media asing ikut menyorot Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang kini tengah berlangsung di Tanah Air Rabu, 14 Februari 2024.

Sebagai informasi, berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017, masyarakat indonesia baik yang di dalam dan luar negeri dengan syarat telah masuk dalam daftar pemilih diberikan hak memilih.

Adapun, hak memilih itu untuk 5 posisi jabatan politik, yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Menurut Keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, kelima posisi tersebut dipilih dengan surat suara yang berbeda. Kelima surat suara ini dibedakan berdasarkan warna yang tertera.

Berikut 5 media asing yang menyorot Pemilu 2024 Indonesia. 

  1. BBC

Media asal Inggris BBC, secara khusus mewartakan topik Pemilu Presiden secara langsung alias real time mulai tentang penyelenggaraan di Papua hingga TPS yang terendam banjir di Demak, Jawa Tengah.

Mereka juga melaporkan kegiatan capres 1 Anies Baswedan, capres 2 Prabowo Subianto, capres 3 Ganjar Pranowo hingga Presiden Jokowi saat menyalurkan suara di TPS.

  1. The Guardian

Masih media asal Inggris, Guardian memaparkan sederet fakta terkait Pemilu 2024 Indonesia. Pemberitaan dimulai dari memaparkan latar belakang dari ketiga pasangan capres-cawapres.

Kemudian mereka juga memaparkan penilaian International Foundation for Electoral Systems yang mengatakan Pemilu Indonesia merupakan terbesar dan tantangan logistik yang cukup sulit karena harus menyalurkan surat suara ke lebih dari 820 ribu TPS.

  1. Al Jazeera

Media asal Timur Tengah, Al Jazeera melaporkan perkembangan proses Pemilu 2024 secara langsung mulai dari Analisa pakar mengenai demokrasi di Indonesia, harapan masyarakat untuk presiden terpilih hingga TPS dekorasi unik.

  1. NHK World

Media asal Jepang, NHK World memasang 3 wajah kandidat calon presiden pada halaman atas situs pemberitaan mereka.

Mereka melaporkan, fokus Pemilu 2024 ada pada 2 pilihan yakni meneruskan atau melanjutkan kebijakan Jokowi atau mengupayakan reformasi.

  1. Channel News Asia (CAN)

Media asal Singapura, CAN juga menjadikan Pemilu 2024 Indonesia sebagai fokus utama pemberitaan pada hari ini.

mereka menyebut Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia untuk pertama kalinya sejak 15 tahun mengadakan pemilihan capres-cawapres dengan 3 kandidat.

Sumber Berita / Artikel Asli : viva

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved