Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pantas Saja Yenny Wahid Batal Dipilih Anies Baswedan, Rocky Gerung Bicarakan Soal Putri Gus Dur

 


Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti tiga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang berpotensi terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Tokoh pertama, kata Rocky, adalah Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid yang kerap muncul dalam bursa cawapres pendamping Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Menurutnya, Yenny memiliki keunggulan jika terpilih sebagai cawapres mewakili masyarakat NU atau Nahdliyin karena merupakan keturunan langsung dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Namun, kekurangannya adalah popularitas Yenny menurun hingga kini.

"Kelihatannya ya Yenny adalah NU yang pasti ideologis karena langsung dari Gus Dur tuh tetapi popularitas Yenny ini agak menurun itu dasarnya tuh. Tapi orang ingat bahwa Yenny adalah NU yang ideologis tuh," kata Rocky, dikutip Liberte Suara, Kamis (10/8/2023).

Figur kedua adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Menurut Rocky, Cak Imin memiliki keunggulan dalam politik tetapi secara ideologi tidak seketat putri Gus Dur itu.

"Cak Imin ya dia NU tetapi ya ideologinya tidak seketat Yenny karena Cak Imin lapangan bermainnya terlalu lebar, kira-kira begitu," ujarnya.

"Jadi Cak Imin NU yang psikologis, tergantung psikologinya bagaimana tuh, NU menanggapi bujukan Cak Imin," lanjut dia.

Lebih lanjut mantan dosen Universitas Indonesia itu menilai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas masih bagian dari NU. Menurut dia, Yaqut memiliki akar NU kuat tetapi tidak mempunyai kaitan secara genealogis dengan Gus Dur.

"Kalau Yaqut dia itu NU yang antropologis karena memang dia berasal dari pesantren," jelasnya.

"Yenny adalah NU yang ideologis, Cak Imin itu NU yang tadi psikologis, Yaqut adalah NU yang lebih sosiologis karena lebih mengakar, lebih mendasar," tutur dosen Ilmu Filsafat itu.

Oleh karena itu, Rocky meyakini ketiga tokoh NU masih berpeluang masuk dalam putaran politik pilpres 2024.

"Jadi sekarang kita mau lihat siapa yang lebih pantas untuk masuk dalam putaran politik capres ini dengan komposisi begitu," pungkasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved