Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Buruh Bertahan di Patung Kuda, Brimob hingga Rantis Bersiap di Thamrin


Massa aksi buruh yang melakukan unjuk rasa di Jalan MH Thamrin pada Kamis (10/8) siang mulai merangsek ke arah Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada malam ini.
Pantauan CNNIndonesia.com, pukul 19.15 WIB, massa berusaha masuk melewati pembatas beton dan kawat berduri yang dipasang aparat di titik dekat Patung Arjuna Wiwaha (Patung Kuda). Tampak sekitar sepuluh orang berhasil memanjat beton pembatas dan kawat berduri yang disediakan aparat kepolisian.

Selain itu, mereka juga menginjak-injak beton pembatas sehingga berhasil merobohkan beberapa beton tersebut. Mereka juga membakar barikade (barrier) berwarna oranye di atas beton pembatas.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di titik lain, pasukan Brimob terlihat sudah bersiaga di Jalan MH Thamrin--titik persimpangan Sarinah. 

Berdasarkan pantauan pada pukul 19.48 WIB, di depan Gedung Bawaslu RI--jalan MH Thamrin arah Patung Kuda--sudah disterilisasi dan terparkir sejumlah kendaraan taktis (rantis). Upaya sterilisasi pun terlihat di lajur depan Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI.

Sejumlah rantis yang terlihat bersiaga diparkir di kawasan itu adalah tiga barakuda, 1 water cannon, mobil truk pengangkut alat dan anggota Brimob. Sejumlah personel Brimob pun terlihat tengah bersiap-siap di lokasi tersebut, beberapa ada yang terpantau membawa tameng hingga gas air mata.

Belum diketahui sejauh ini apakah personel dan rantis itu dikerahkan untuk membubarkan massa aksi buruh di Patung Kuda. 

Sebelumnya, kepolisian telah menyiapkan skema pengamanan terkait massa buruh yang berencana menduduki Jalan MH Thamrin hingga pukul 21.00 WIB.

"Tentunya kalaupun memang massa akan melakukan kegiatan-kegiatan seperti itu, pertama langkah persuasif, langkah imbauan akan kita lakukan," kata Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis petang.

Sebanyak 6.612 personel gabungan dari Polri, TNI, dan pemda diketahui dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh yang digelar hari ini.

Aksi demo ini diketahui digelar massa buruh dari Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menuntut kenaikan upah minimum sebesar 15 persen tahun 2024.

Kedua aliansi itu dimotori Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Aksi ini akan dimulai dengan titik kumpul di gedung International Labour Organization (ILO) di Jalan MH Thamrin--tak jauh dari Sarinah--. Kemudian bergerak menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Medan Merdeka Barat dan puncak aksi akan berlangsung di Istana Jakarta.

Namun, pada hari ini massa ditahan aparat hanya bisa melakukan aksi di jalan MH Thamrin sekitar Sarinah, karena dari titik tersebut hingga area Medan Merdeka Barat ditutup.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved