Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Massa Buruh Kembali Bakar Kayu di Patung Kuda Lewat Pukul 22.00 WIB




Massa aksi buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, kembali membakar kayu dan road barier atau pembatas jalan yang terbuat dari plastik.

Pantauan CNNIndonesia.com pukul 22.12 WIB, massa buruh belum membubarkan diri dari titik aksi. Tak ada orasi dari pedemo. Beberapa di antaranya hanya duduk-duduk santai.

Sejumlah polisi berjaga di Patung Kuda. Sementara ratusan Brimob bersiap di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Gedung Bawaslu.

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Sunarno menegaskan pihaknya masih tetap bertahan untuk melanjutkan aksi di Patung Kuda.

Mereka tetap bertahan hingga pemerintah memberi respons atas tuntutan yang diminta para buruh dari Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak).

"Masih di bundaran Patung Kuda. Kawan-kawan masih bertahan, masih menunggu respons pemerintah," ujar Sunarno kepada CNNIndonesia.com, Kamis (10/8). 

Sebelumnya, massa yang pada siang tadi tertahan di Jalan MH Thamrin merangsek ke arah Patung Kuda ketika waktu mendekati malam.

Pantauan CNNIndonesia.com, pukul 19.15 WIB, massa masuk melewati pembatas beton dan kawat berduri yang dipasang aparat di titik dekat Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda. Tampak sekitar sepuluh orang berhasil memanjat beton pembatas dan kawat berduri yang disediakan aparat kepolisian.

Selain itu, mereka juga menginjak-injak beton pembatas sehingga berhasil merobohkan beberapa beton tersebut. Mereka juga membakar barikade (barrier) berwarna oranye di atas beton pembatas.

Terlihat aparat kepolisian melantunkan bacaan-bacaan rohani. Pantauan CNNIndonesia.com, dari pukul 19.15 hingga pukul 19.50 WIB, aparat kepolisian melantunkan bacaan-bacaan rohani saat buruh mulai membongkar dan merangsek masuk melewati beton pembatas.

Aparat kepolisian juga melakukan imbauan lewat pengeras suara agar massa aksi membubarkan diri dan bersikap tertib. 

Diketahui, Massa Buruh dari Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) pada hari ini melakukan aksi dengan sejumlah tuntutan. Salah satu tuntutan dan yang utama adalah mereka mendesak pemerintah mencabut Undang Undang No.23/2023 tentang Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di titik lain, pasukan Brimob terlihat sudah bersiaga di Jalan MH Thamrin--titik persimpangan Sarinah.

Berdasarkan pantauan pada pukul 19.48 WIB, di depan Gedung Bawaslu RI--jalan MH Thamrin arah Patung Kuda--sudah disterilisasi dan terparkir sejumlah kendaraan taktis (rantis). Upaya sterilisasi pun terlihat di lajur depan Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI. 

Sejumlah rantis yang terlihat bersiaga diparkir di kawasan itu adalah tiga barakuda, 1 water cannon, mobil truk pengangkut alat dan anggota Brimob. Sejumlah personel Brimob pun terlihat tengah bersiap-siap di lokasi tersebut, beberapa ada yang terpantau membawa tameng hingga gas air mata.

Belum diketahui sejauh ini apakah personel dan rantis itu dikerahkan untuk membubarkan massa aksi buruh di Patung Kuda. 

Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved