Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ini Fasilitas JIS yang Direnovasi Agar Penuhi Standar, Anggaran Ganti Rumput Capai Rp6 M




 Rencana pemerintah merenovasi Jakarta International Stadium (JIS) nampaknya akan segera terwujud.

Pada Selasa (4/7/2023) Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kesiapan JIS untuk menjadi salah satu alternatif arena pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Berdasarkan hasil peninjauan itu, pemerintah menyatakan akan merenovasi sejumlah fasilitas JIS agar memenuhi standar FIFA.

Apa saja yang akan menjadi aspek utama dalam rencana renovasi itu? Berikut ulasannya. 

Mengganti rumput stadion

Dalam kunjungannya, Mentri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kalau saat ini rumput di lapangan bola JIS belum berstandar FIFA.

Halitu disebabkan rumput yang ada di JIS menggunakan media tanam sintetis sehingga akar alaminya tidak masuk ke dalam tanah.

Terkait hal itu, renovasi rumput stadion itu diperkirakan memakan waktu tiga bulan dan membutuhkan biaya hingga Rp6 miliar.

"Harus diganti ini kalau mau tiga bulan bisa dipakai, itu untuk jangka pendek saja. Mungkin jangka panjang harus diubah rumputnya," kata Basuki kepada awak media. 

Menambah akses keluar masuk stadion

Bagian lain yang akan direnovasi dari JIS adalah akses keluar masuk stadion, sebab saat ini JIS hanya memiliki satu akses yang digunakan untuk masuk dan keluar.

Menurut Basuki, hal itu bisa membahayakan penonton jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Oleh karena itu pula, ia dan jajarannya berencana membangun jembatan penyeberangan orang menuju pintu karnaval Ancol, di sebelah timur stadion.

Memperluas lahan parkir

Menanggapi lahan parkir di JIS yang dianggap tidak memenuhi standar FIFA, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo berencana akan menambah area parkir di stadion itu.

Menurut Syafrin, pihaknya akan memperluas lahan parkir tersebut hingga mencapai 5 ribu meter persegi.

Tak hanya itu, Syafrin juga menyebut akan menghadirkan lokasi parkirtambahan di Ancol, serta mengubah lahan proyek Intermediate Treatment Facility atau ITF Sunter menjadi lahan parkir.

Akan dibangun stasiun kereta

Sebagai sarana tambahan, pemerintah juga berencana membangun stasiun KRL di JIS untuk mempermudah akses pengunjung menuju sarana stransportasi umum.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, pembangunan stasiun KRL tersebut sedang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Ia mengatakan, pembangunan peron di sisi utara stasiun telah selesai dan kemudian akan dilanjutkan dengan jempatan penyeberangan orang dari stasiun sementtara ke JIS.

Syafrin memperkirakan stasiun tersebut sudah bisa beroperasi pada November 2023 mendatang.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved