Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Teddy Minahasa Dilabeli 'My Jendral' di Ponsel Linda, Isi Chat Dibongkar Ahli

 


Ahli digital forensic dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus peredaran narkoba Teddy Minahasa dengan terdakwa Linda Pujiastuti dan Dody Prawiranegara digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat pada Rabu, 8 Maret 2023. Dia membongkar berbagai chat kedua terdakwa dengan Teddy Minahasa.

Pada saat membongkar isi percakapan antara Linda Pujiastuti dan Teddy Minahasa, label kontak yang disematkan oleh terdakwa pun terungkap. Linda Pujiastuti melabeli Teddy Minahasa sebagai 'My Jendral' di ponselnya.

Hal itu berawal saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta ahli menampilkan percakapan Linda Pujiastuti dengan Teddy Minahasa tanggal 23 Juni 2022. Begitu percakapan ditampilkan, terpampang nama kontak 'My Jendral' sebagai pihak yang berbicara dengan Linda Pujiastuti.

"Untuk percakapan ditemukan dari barang bukti kedua, Samsung Galaxy S21, disita dari saudari Linda," ucap Ahli digital forensic, Rujit Kuswinoto, Rabu, 8 Maret 2023.

"Untuk komunikasinya sendiri, komunikasi antara Linda dengan akun WhatsApp atas nama 'My Jendral'," ujarnya menambahkan.

Dalam percakapan yang ditampilkan tersebut, terlihat kontak 'My Jendral' membahas mengenai adanya barang seberat 5 Kilogram. Dia mengungkapkan bahwa posisi barang tersebut berada di Riau.

"Akun My Jendral mengirimkan pesan kepada Linda, isi pesannya 'iki onok barang 5 Kg, golekno lawan (Ini ada barang 5 Kg, carikan lawan). Posisi barang di Riau', dan posisi pesannya sendiri sudah dihapus. Namun berhasil kita recover dengan proses digital forensik," tutur Rujit Kuswinoto.

Setelah itu, JPU kembali menanyakan siapa pemilik akun 'My Jendral' tersebut. Selain itu, mereka juga menanyakan siapa pemilik ponsel dari akun tersebut.

"Untuk nomornya itu ter-recall pada case file 146, disita dari saudara Teddy Minahasa," kata Rujit Kuswinoto.

Setelah itu, JPU kembali meminta ahli membacakan percakapan lain antara akun 'My Jendral' dengan Linda Pujiastuti. Percakapan tersebut terjadi pada 1 September 2022 pukul 13.35 WIB.

"Komunikasi antara Linda dengan My Jendral jam 13.35, Linda mengirimkan pesan 'Pak Teddy, sorry ganggu, bahan nggak sido dicariin tah? buyer ku wes siap, tapi aku males urusan karo dody, gak bener wonge (Pak Teddy sorry ganggu, bahan nggak jadi dicairkan nih? Pembeliku udah siap, tapi aku malas berurusan sama Dody, orangnya nggak benar)'," tutur Rujit Kuswinoto.

"Dibalas My Jendral 'koordinasi dengan Dodi', dibalas Linda 'males, jenenge dek ne jaluk bersih, enak bener (Males, namanya dia minta bersih, enak benar). Siap pak teddy'," ujarnya.

"Dibalas My Jendral 'per galon berapa?', Linda balas '400'," ucapnya menambahkan.

Teddy Tukar Sabu Sitaan dengan Tawas

Polres Bukittinggi awalnya hendak memusnahkan 40 kilogram sabu, namun Irjen Pol Teddy Minahasa diduga memerintahkan untuk menukar sabu sebanyak lima kilogram dengan tawas. Penggelapan barang bukti narkoba tersebut akhirnya terbongkar dengan rangkaian pengungkapan kasus narkotika oleh Polres Metro Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya.

Sebanyak 1,7 kilogram sabu telah diedarkan, sedangkan 3,3 kilogram sisanya berhasil disita oleh petugas.

Pakai Istilah 'Sembako' dan 'Galon' untuk Menyebut Sabu-Sabu

Linda Pudjiastuti menyebutkan bahwa Irjen Pol. Teddy Minahasa menggunakan istilah 'invoice, galon, dan sembako' sebagai pengganti kata sabu. Pengakuannya disampaikan saat bersaksi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, Senin 27 Februari 2023.

"Jadi istilah 'sembako', istilah 'invoice' itu dari terdakwa. 'Galon' juga dari terdakwa," kata Linda, Senin 27 Februari 2023.

Linda mengaku istilah-istilah itu kerap dipakai Teddy Minahasa selama berkomunikasi soal pengiriman sabu dari Sumatera Barat (Sumbar) ke Jakarta.

Tak hanya itu, kaki tangan Teddy, kata Linda juga memakai istilah tersebut. Salah satunya mantan Kapolsek Kalibaru, Kompol Kasranto.

"Saya bilang 'Mas ada sembako dari Padang sudah datang' kata saya," kata Linda saat mengulangi percakapan ke Kasranto saat itu.***


Sumber Berita / Artikel Asli : pikiran rakyat

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved