Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Soal Impor Beras, Bapanas: Kami Fokus Serap Penen Dalam Negeri


 Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengomentari rencana Kementerian Perdagangan untuk membuka impor beras guna memenuhi Cadang Beras Pemerintah (CBP). Arief mengatakan hingga saat ini belum ada komunikasi terkait opsi tersebut kepada pihaknya.

“Kita tak ada komunikasi, pokoknya kita jagain saja, sekarang lagi panen, kita fokus serapan dalam negeri,” kata Arief Jumat (24/3/2023).

Arief mengatakan stok bahan pangan selama ramadan hingga Idulfitri masih terjaga. Meski demikian, Arief mengakui ada beberapa komoditas yang menunggu kedatangan dari suplai impor seperti daging kerbau. Selain pengadaan komoditas yang memerlukan impor tersebut, ujar dia, stok pangan lainnya mencukupi.

Sementara CB) yang berada di Bulog mencapai 220 ribu ton, serta akan ada tambahan dari Perkumpulan Penggilingan Padi (Perpadi). 

"Bulog sekitar 220 ribu ton sambil kita bantu serap, kemarin Perpadi mau memberi 60 ribu ton kan lumayan ya jadi hampir sekitar 300 ribu ton," kata Arief.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan ketersediaan bahan pangan mencukupi dan pergerakan harga masih di rentang yang terkendali di bulan Ramadhan.

"Persiapan lebaran hampir 90 persen on the track. Mudahan-mudahan tidak ada masalah apa-apa. Kemudian ketersediaan pangan cukup, sampai hari ini harga masih terkendali," kata Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Zulkifli menyampaikan hal tersebut setelah rapat yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat ini dengan agenda ketersediaan bahan pokok dan persiapan mudik Lebaran 1444 H.

Menurut Zulkifli, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan arahan khusus agar Perum Bulog dapat segera menyerap gabah dan beras dari para petani. 

"Khusus tadi arahan Bapak Presiden agar Bulog menyerap gabah atau beras masyarakat dr petani semaksimal mungkin sebanyak-banyaknya," kata Mendag.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka opsi impor beras dari India guna mencukupi kebutuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Usulan tersebut muncul usai kunjungan kerja Mendag di India beberapa hari lalu.

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas itu, persoalan pangan merupakan masalah serius yang harus disiapkan sejak jauh-jauh hari. Zulhas mengatakan impor beras bisa menjadi opsi jika pada musim panen raya ini Bulog tidak mampu memenuhi kecukupan stok CBP.

Sumber Berita / Artikel Asli : Beritasatu

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved