Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Event Motocross Merusak Tanaman Endemik Bunga Rawa, Aktivis Lingkungan Minta IMI Beri Edukasi




Kawasan Bunga Rawa di Rancaupas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung mengalami kerusakan akibat dilindas oleh pemotor saat even motocross beberapa waktu lalu.

Padahal, bungan rawa merupakan tumbuhan endemik Rancaupas yang hanya tumbuh di kawasan tersebut. Bunga Rawa merupakan bungan abadi mirip edelwies yang hanya tumbuh di rawa.

Di Indonesia sendiri, bunga rawa hanya tumbuh di Rancaupas dan Danau Cuharus Kamojang. 

Ketua Dewan Daerah Walhi Jawa Barat, Dedi Kurniawan, mengatakan rusaknya area bunga rawa terjadi karena adanya kelalaian, baik dari perhutani sebagai pengelola kawasan, juga para pemotor yang mengikuti kegiatan tersebut.

"IMI (Ikatan Motor Indonesia) harus memperketat perizinan kegiatan seperti itu," ujar Dedi, Rabu 8 Maret 2023.

Sebagai induk dari klub motor atau organisasi sepeda motor, seharusnya IMI memiliki prosedur jelas terkait perizinan kegiatan motocross yang biasa melibas hutan.

Menurut Dedi, seharusnya IMI memberi edukasi lebih terhadap para pehobi sepeda motocross bagaimana berkendara di alam terbuka. 

"Harus ada edukasi lebih, bagaimana bersepeda motor atau offroad di hutan itu. Seperti jangna membuka jalan baru atau tidak berkendara seenaknya," katanya.

Termasuk memberi pengetahuan hayati, supaya ketika berkendara di hutan tidak sampai mengganggu ekosistem yang ada.

Menurut Dedi, melibas hutan menggunakan kendaraan berpotensi mengganggu ekosistem, baik itu satwa liar yang terganggu dengan suara bising kendaraan, juga tanaman yang berisiko dilibas oleh ban kendaraan.

"Memang tidak sampai merusak pohon, tapi tumbuhan juga bisa rusak. Rumput itu juga tumbuhan, seperti bunga rawa di Rancaupas juga tumbuhan mirip rumput. Sekarang rusak oleh kegiatan motocross. Padahal itu bunga eksotik yang hanya tumbuh di Rancaupas," katanya.

Dia berharap IMI sebagai induk dari organisasi motor di Indonesia memberi perhatian lebih kepada para pehobi sepeda motocross, supaya kejadian seperti di Rancaupas yang membuat bunga rawa rusak tidak terjadi kembali.


Sumber Berita / Artikel Asli : Ayobandung

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved