Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

KONTROVERSI Uang Rupiah 'Unik' Mahar Pernikahan Kaesang, Pakar Ekonomi: Bikin Sistem Moneter Indonesia Terancam!


 Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep memberikan uang tunai Rp 300 ribu sebagai mahar pernikahan untuk Erina Gudono. Mahar itu pun viral.


Meski nominalnya terbilang kecil untuk sekelas anak presiden, tapi uang tersebut unik karena memiliki nomor seri dan ada arti tersendiri.


Uang mahar unik pernikahan Kaesang ini akhirnya tuai perdebatan.


Pengamat Ekonomi dan Politik, Anthony Budiawan, menyoroti mahar pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.


Menurut dia, bagi orang awam uang mahar Rp 300 ribu itu seperti masala sepele. Di balik sepele tersebut ternyata cukup berdampak buruk.


"Tapi inti persoalan dari kasus sangat mendasar, bisa membuat sistem moneter Indonesia terancam," katanya dalam cuitan Twitternya @AnthonyBudiawan dikutip pada Sabtu, (17/12/2022).


Anthony menyebut, kebijakan Bank Indonesia yang mencetak nomor seri khusus mengindikasikan kalau BI tidak lagi murni independen, tetapi di bawah eksekutif.


"Kebijakan BI cetak nomor seri khusus indikasi BI tidak lagi murni independen, tetapi di bawah eksekutif," tuturnya. 

 



Klarifikasi BI


Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan BI tidak secara khusus melakukan pencetakan uang yang menjadi mahar pernikahan tersebut.


Meski demikian, menurut Erwin, BI memang secara khusus mengeluarkan seri uang tersebut dari tempat penyimpanan atau khazanah untuk uang mahar pernikahan Kaesang demi promosi Rupiah desain baru.


Setiap uang kertas yang dicetak BI memiliki nomor seri khusus sehingga tidak ada nomor seri ganda," kata Erwin dalam keterangan resminya, Jumat (16/12/2022).


Dijelaskan, nomor seri khusus itu menerapkan pola kombinasi berurutan alias aritmetik mengikuti urutan huruf dan angka.


Erwin bilang uang yang sudah dicetak kemudian disimpan di khazanah atau tempat penyimpanan uang kertas dan logam milik Bank Indonesia.


Setelah itu mata uang Rupiah yang ada di khazanah kemudian bisa secara khusus dikeluarkan pada momentum tertentu.


Oleh karena itu, uang seri khusus pada pernikahan Kaesang - Erina sebetulnya uang yang sudah dicetak dan tersimpan di khazanah.


"Bukan pesen khusus lalu kami cetak baru, tetapi dari stock yang ada bisa kita carikan," kata dia.


Meski demikian, Erwin menjelaskan, dikeluarkannya uang seri khusus dari khazanah BI ini tak dapat dilakukan sembarangan.


Bank sentral akan mempertimbangkan momentum spesial yang menjadi pusat perhatian publik.


Saat pernikahan Kaesang kemarin, BI menilai pengeluaran nomor seri khusus itu dari khazanah bisa sekaligus jadi sarana promosi Rupiah desain baru yang dikeluarkan 17 Agustus lalu.


Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved