Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kerap Berikan Pembelaan, Kini Refly Sebut Anies Baswedan Didukung Oligarki




Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan bahwa Anies Baswedan tidak bisa terus melakukan safari politik bila tak ada dukungan dari oligarki atau orang yang memiliki pengaruh dan cukup berkuasa.


Pasalnya, orang di belakang Anies, yakni Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, merupakan oligarki.


“Surya Paloh itu oligarki. Fasilitas-fasilitas yang diberikan untuk kunjungan itu oligarki,” tegas Refly dalam kanal YouTube-nya pada Kamis, (22/12/2022).


Lain cerita jika gelombang rakyat berpihak ke Anies sebagai calon presiden. Setidaknya tunduk pada oligarki bisa diredam. Anies akan punya nilai tawar. 


Karena semakin besar dukungan dari rakyat maka semakin mudah Anies untuk bernegosiasi dengan oligarki bahkan bisa saja menundukkan oligarki.


Sebaliknya kata Refly, jika dukungan rakyat kecil, maka Anies akan menjadi bagian dari oligarki dengan kata lain, oligarki yang akan menundukkannya.


Sementara itu, Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), Muhammad Ramli Rahim menilai relawan sangat merasakan jalan yang ditempuh ini memang bukan jalan datar, bukan jalan menurun tapi jalan mendaki yang membutuhkan mentalitas yang kuat, energi yang cukup dan tertata, semangat pantang menyerah, dan tidak mudah diganggu oleh keadaan sekitar meskipun harus tetap awas.


Ia pun menyadari sejak awal godaan begitu tinggi, dan mendukung sikap Anies Baswedan jika memilih untuk tak terbeli oleh oligarki apalagi sekadar makelar oligarki.


"Memang jalannya akan terjal, berliku dan menanjak, tapi pasti akan sangat membahagiakan di puncaknya," ungkapnya. 


Dia mengatakan, makin berat perjuangan makin indah kemenangan, tidak bersama oligarki apalagi melawan oligarki sudah pasti jalannya terjal.


"Sikap Bacapres Anies Baswedan memang telah teruji, melalui saya selaku ketua Konfederasi Nasional Relawan Anies bahkan telah diminta memfasilitasi beberapa kelompok orang yang ingin membawa "bantuan" yang nilainya fantastik, bukan R, bukan J bahkan bukan M," beber Ramli.


Memang sulit jalan yang ditempuh Anies jika memilih tak seiring dengan oligarki tapi itu semua akan sangat indah bagi Indonesia dan kita semua. 


"Pertanyaannya adalah, apa yang sudah dan akan kita lakukan untuk membantu Anies agar tak terjebak pada Oligarki dan tidak tunduk pada politik sandera yang tampaknya cukup marak di negeri kita ini?" tutupnya.


Sumber Berita / Artikel Asli : kontenjatim

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved