Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jokowi: Partai Tak Lolos Pemilu Itu 100 Persen Urusan KPU




Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan keputusan sebuah partai politik menjadi peserta Pemilu 2024 merupakan urusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi pun heran dengan para pihak yang menuduh Istana ikut campur dalam keputusan yang tak meloloskan sebuah partai untuk mengikuti kontestasi politik lima tahunan.

"Repot ya urusan lolos dan tidaknya peserta Pemilu 2024. Itu kan sebenarnya urusannya KPU, urusan KPU itu. Tapi yang dituduh-dituduh karena tidak lolos langsung tunjuk-tunjuk, itu istana ikut campur, kekuatan besar ikut campur, intervensi," kata Jokowi dalam peringatan hari ulang tahun Partai Hanura di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (12/21).

Jokowi mengaku tidak tahu-menahu soal urusan lolos tidaknya partai politik sebagai peserta Pemilu 2024. Ia menegaskan bahwa KPU bekerja secara independen.

"Saya tuh enggak ngerti apa-apa urusan ini, ini kan 100 persen urusan KPU. KPU independen jadi enggak bisa yang namanya kita ikut-ikut intervensi," ujarnya.


Sebelumnya KPU telah memutuskan 17 partai politik sebagai peserta Pemilu 2024. Partai Ummat menjadi satu-satunya partai yang tak lolos verifikasi faktual dan dinyatakan tak bisa mengikuti Pemilu 2024.

Partai Ummat kemudian mengajukan gugatan ke Bawaslu karena tak terima dengan putusan KPU tersebut. 

Bawaslu pun meminta KPU memberikan kesempatan kepada Partai Ummat untuk mengikuti verifikasi ulang. KPU diperintahkan kembali menggelar rapat pleno penetapan partai peserta pemilu dan pengundian nomor urut pada 30 Desember 2022.

Partai besutan Amien Rais itu punya waktu selama 9 hari, yaitu mulai 21 sampai 30 Desember 2022, untuk memenuhi sejumlah syarat sebagai calon peserta Pemilu 2024.


Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved