Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jokowi Dinilai Balas SBY Hingga Amien Rais soal Sindiran 'Istana Disalahkan'



Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkit dirinya dan pihak Istana yang kerap dituding mencampuri urusan partai politik. Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pernyataan Jokowi sebagai serangan balik ke partai dan tokoh yang selama ini melemparkan tudingan.

"Memang Jokowi tidak me-mention kira-kira siapa, pihak ataupun orang yang suka menuding Istana, menuding Presiden, lalu melakukan intervensi dalam proses-proses politik penting pencapresan atau verifikasi partai politik," kata Adi saat dihubungi, Kamis (22/12/2022).


Menurut Adi, berdasarkan rekam jejak, pernyataan Jokowi merupakan balasan terhadap tokoh yang sempat menuding Istana, salah satunya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia menilai ungkapan SBY soal Pemilu 2024 membuat presiden tak nyaman.


"Tapi kalau kita melihat rekam jejak di media, sepertinya Jokowi ingin membalas gitu ya, misalnya tudingan SBY beberapa waktu yang lalu yang mendapatkan informasi penting bahwa katanya pemilu 2024 itu sudah disetting hanya ada 2 poros," tutur Adi.


"Karena yang bisa melakukan settingan pencapresan itu, tudingan-tudingan itu kekuatan besar, kekuatan besar selau disebut Istana. Jokowi sepertinya ingin membantah sekaligus ingin nyerang balik pihak atau tokoh-tokoh politik yang selalu mengaitkan kegagalan pencapresan tokoh-tokoh tertentu dengan istana," ungkapnya.


Menurut Adi, Jokowi juga ingin meluruskan soal tudingan Partai Ummat yang tak lolos Pemilu 2024 lantaran ada intervensi Istana. "Jokowi juga sepertinya ingin membantah dan serang balik tokoh-tokoh politik seperti Amien Rais ataupun Partai Ummat itu yang menuding tidak lolosnya verifikasi faktual karena ada intervensi, kekuatan besar," ujar Adi.


Menurut Adi, dua hal itulah yang membuat Presiden Jokowi gusar. Pernyataan Jokowi tersampaikan, lantaran dua tokoh itu sempat memiliki peran besar di Indonesia.


Untuk diketahui, SBY merupakan mantan Presiden RI dua periode, sementara Amien Rais diketahui sebagai mantan Ketua MPR.


"Kalau dirunut satu per satu, dari rekam jejak media, pastinya ditujukan kepada statement SBY ataupun statement Amien Rais atau Partai Ummat yang dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual, menuduh ada kekuatan besar itu," katanya.


Soal Tokoh Gagal Nyapres


Jokowi dalam pernyataannya juga menyinggung kemungkinan Istana disalahkan jika ada tokoh yang gagal nyapres. Adi menilai pernyataan Jokowi ada kaitannya dengan oposisi.


Adi Prayitno menilai Jokowi ingin menegaskan pihaknya tidak bisa disalahkan jika ada tokoh oposisi yang gagal nyapres. Adi kemudian menyebut nama Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono.


"Jika ada tokoh oposan gagal maju pilpres, tak ada hubungannya dengan Istana. Jadi, kalau Anies dan AHY gagal maju karena tak dapat tiket jangan kambing hitamkan Istana," ujarnya.


Sumber Berita / Artikel Asli : detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved