Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Ketika Yudo Margono Salah Ucap, Jokowi Ulangi Sumpah Jabatan Panglima TNI




Laksamana Yudo Margono resmi menjabat Panglima TNI setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).


Yudo Margono menggantikan panglima sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki purnatugas pada 21 Desember 2022.


Pelantikan Yudo berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91/TNI Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.


Usai pembacaan Surat Keputusan, dilakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Negara Republik Indonesia. Serta akan menjalankan segala peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi membacakan sumpah dan janji diikuti Yudo.


"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjut Jokowi.


Pada saat pembacaan tersebut, Yudo sempat salah mengucap satu kata.


"Bahwa saya akan menjunjung tinggi sikap prajurit," kata Yudo.


Jokowi pun mengulang sumpah jabatan sesuai dengan kata yang salah diucapkan oleh Yudo. "Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Jokowi.


Pelantikan Yudo dihadiri oleh sejumlah pejabat negara. Antara lain, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.


Hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Dewan Pengarah Badan Penguatan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.


Yudo lulus Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Ia meniti karier di TNI AL dengan menjadi bagian KRI YNS. Saat itu, Yudo menjabat Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal KRI YNS.


Selama karier di TNI AL, Yudo dipercaya memimpin berbagai kapal perang. Ia juga diberi mandat menjadi Panglima Komando Armada I (Pangkoarmabar) pada 2018.


Tahun 2020, Yudo menduduki pucuk pimpinan TNI AL. Kala itu, Yudo menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang pensiun.


Sumber Berita / Artikel Asli : Akurat

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved