Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Diskon Besar-besaran IKN Nusantara, Said Didu ke Jokowi: Bapak Presiden Yth, Itu Sama Saja Merampok Negara dan Merampas Warisan Anak Cucu

 




Mantan Sekretaris di Kementerian BUMN Muhammad Said Didu angkat suara soal diskon besar-besaran yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merealisasikan program mercusuar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

 

Ia pun menyebut bahwa beragam diskon menarik bagi investor itu akan berbuntut buruk bagi bangsa dan negara. 

"Bapak presiden yth, dengan memberikan tax holiday 30 tahun, diskon pajak 350%, dan HGB 160 tahun maka pembanguna Ibu Kota Nagara yg Bapak rencanakan, bagaikan program merampok negara dan merampas warisan anak cucu demi pencitraan dan oligarki," ucapnya dikutip dari Twitter pribadinya, Sabtu (22/10/2022).


Diketahui, Presiden Jokowi meyakinkan investor bahwa proyek pembangunan IKN Nusantara adalah investasi yang menjanjikan. Apalagi konsep kota pintar yang diusung belum ada di negara lain.


Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pre Market Sounding Proyek Ibu Kota Negara, di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Dihadiri oleh sederet menteri, pimpinan lembaga tinggi negara hingga investor dalam dan luar negeri.


Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono juga mengatakan pihaknya tengah menyiapkan regulasi terkait berbagai insentif pajak untuk investor.


Beberapa insentif yang ia maksud yaitu berupa tax holiday (penghapusan pajak) dan super tax deduction (pengurangan pajak).


"Saat ini kami sedang menyelesaikan rancangan Peraturan Pemerintah yang akan memberikan berbagai insentif fiskal dan non fiskal untuk mereka yang ingin berinvestasi di IKN Nusantara," ungkap Bambang dalam acara Pre-Market Sounding Proyek IKN di Jakarta, Selasa (18/10).



Ia mencontohkan untuk investor di bidang infrastruktur dan layanan umum yang minimal berinvestasi senilai Rp10 miliar di tahap awal, akan diberikan tax holiday selama 30 tahun. Menurut Bambang, insentif di IKN ini lebih panjang dari daerah lain.


Sementara, bagi investor yang membangun fasilitas ekonomi seperti mal, sarana wisata, dan fasilitas mice (meeting, incentive, convention, dan exhibition), akan diberikan tax holiday selama 20 tahun.



Tidak hanya itu, Bambang mengatakan untuk investor yang akan membangun fasilitas penelitian dan pengembangan dan di bidang tertentu lainnya akan mendapat tax deduction sampai 350 persen.


"Ini akan kami tuangkan dalam RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) Investasi IKN, dan sekarang sudah tahap finalisasi kebetulan duet saya pak Dhony (wakil kepala Otorita IKN) ini yang pimpin segera tektokan terus dengan KADIN, diharapkan kalau PP keluar adalah PP yang bisa langsung implementable," kata Bambang.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Onlineindo.TV | All Right Reserved